Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Yamaha SMAX dengan Burgman dan PCX

Kompas.com - 21/10/2014, 19:06 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Iwata, KompasOtomotif - Setelah sempat memajang di Tokyo Motorcycle Show, Maret lalu, kali ini Yamaha Majesty S muncul di ajang AIMExpo yang tengah bergulir di California, Amerika Serikat. Perbedaannya, Yamaha menggunakan menanggalkan nama Majesty dan memilih indentitas baru SMAX.

Praktis tidak ada perbedaan spesifikasi antara Majesty S dan SMAX. Keduanya, sama-sama mengandalkan mesin 155 cc, SOHC, berpendingin cairan, injeksi. Skuter menengah ini akan menantang Honda PCX dan Suzuki Burgman 200.

Yamaha Kapasitas bagasi SMAX lebih besar ketimbang PCX.

Kapasitas
Dari segi kapasitas mesin, SMAX memang lebih kecil 45 cc ketimbang Suzuki Burgman. Tetapi, otomatis punya banderol lebih murah. Jika dibandingkan dengan Honda PCX, harganya lebih mahal sampai 200 dollar AS (Rp 2,4 juta).

Yamaha SMAX disiapkan untuk mengisi segmen menengah di bawah Majesty 400. Menurut sumber internal Yamaha, dilansir MotorcycleDaily, sepeda motor ini pernah dites oleh biker dengan tubuh tambun dan berhasil mencapai kecepatan 87 mph atau 140,01 kpj.

Kapasitas tangki mencapai dua galon atau 7.5 liter menawarkan jarak tempuh yang panjang dengan estimasi rata-rata konsumsi 81 mpg (34,4 kpl). Bobot Yamaha SMAX 328 pound (148,7 kg) juga lebih ringan ketimbang Burgman yang 359 pound (162.8 kg). Tapi, Suzuki sudah membekali ABS untuk Burgman, sementara Yamaha masih menggunakan rem standar.

Yamaha Beberapa kelengkapan SMAX

Pelek
Kompetisi ketat justru akan diperoleh dari Honda PCX, karena banderolnya yang relatif sama. Bobot jagoan Honda lebih ringan 42 pound (19,05 kg) ketimbang SMAX. Klaim rata-rata konsumsi bahan bakar juga jauh lebih baik. Ukuran pelek 14 inchi milik PCX juga akan terasa lebih nyaman ketika lewat jalan rusak atau berlubang ketimbang 13 inci dari Yamaha.

Tapi, dari segi kapasitas bagasi, Yamaha jauh lebih lapang dengan 32 liter sedangkan PCX cuma 25 liter. Kedua skuter ini sama-sama tidak membekali ABS, tetapi Honda punya sistem CBS (combie brake system) yang dikenal lebih baik ketimbang rem standar.

Yamaha segera memasarkan SMAX mulai November di AS dengan banderol 3.690 dollar AS (Rp 44,36 juta), sedikit lebih mahal dari PCX, tetapi terpaut jauh hingga 1.300 dollar AS (Rp 15,62 juta) daripada Burgman.

Yamaha Kaliper rem dicat merah, terlihat lebih sporty.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com