Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan Yamaha ”Meraung” sampai Donggala

Kompas.com - 21/10/2014, 16:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Donggala, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia menjaring bakat pebalap lokal sampai ke pelosok dalam ajang Yamaha Cup Race (YCR), yang diselenggarakan setiap tahun. Di seri terakhir 2014, ajang adu cepat sekaligus pengasah kemampuan pebalap muda itu diselenggarakan di area Pantai Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, pekan lalu.

Inilah kesempatan rider muda lokal merasakan ketatnya persaingan, karena rata-rata baru pertama kali terlibat dalam panasnya kompetisi YCR. Ajang ini diyakini membuat mereka dapat lebih mengukur skill di sirkuit.

”Saya baru pertama kali ikut YCR. Senang, karena di sini jarang sekali ada event balap. Saya ikut kelas Jupiter Z1 standar. Saya paling suka di tikungan besar karena manuvernya lebih gampang," ucap M. Fajrin juara kelas Jupiter Z1 Standar dari tim lokal Basmala, dalam siaran pers, (21/20/2014).

Setelah seri terakhir ini, babak final akan kembali ke Pulau Jawa, tepatnya di Yogyakarta, November mendatang. Semua pemenang dalam setiap seri akan berkumpul di sini untuk membuktikan kemampuan sebagai yang terbaik.

Pangsa pasar
Ajang YCR yang mendapat sambutan hangat ternyata sukses menaikkan citra merek. Andi Limbunan, Direktur Pemasaran Akai Jaya Motor, main dealer Yamaha di Sulteng, mengatakan bahwa adanya ajang ini efektif meningkatkan brand image, karena DNA Yamaha adalah racing.

Image itu untuk jangka panjang. Jadi masyarakat selalu ingat Yamaha, walau tidak instan langsung beli motornya. Kami dari main dealer aktif mengembangkan balap sepeda motor,” ujar Andi.

Sejak Yamaha Indonesia berdiri, secara absolut market share di Sulteng dikuasai. Pencapaiannya hingga 60 persen dari pasar sepeda motor setempat. V-ixion mempimpin di kelas sport dengan pangsa pasar 70 persen, diikuti Jupiter Series (65-70 persen, dan matik oleh Mio J dengan 40-45 persen penguasaan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com