Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lotus Evora Disulap Jadi Ambulans di Dubai

Kompas.com - 21/10/2014, 12:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Dubai, KompasOtomotif - Ambulans memang perlu kecepatan buat bisa menjemput atau mengantarkan pasien dengan cepat. Tapi, ambulans identik dengan mobil van berukuran besar. Kali ini, Dubai menampilkan ambulans dalam balutan mobil sport.

Dubai memang agak nyeleneh dalam urusan memilih model kendaraan yang berkaitan dengan urusan sosial, seperti mobik patroli kepolisian yang menggunakan supercar. Sekarang giliran Dubai Corporation for Ambulance Serives, yang memakai Lotus Evora menjadi ambulans dengan nama First Responder.

Bagaimana cara kerja mobil sport dua penumpang ini untuk menangani pasien atau korban kecelakaan? Ternyata, Evora hanya bertugas sebagai First Responder yang memberikan bantuan buat korban atau pasien kritis. Petugas medis akan menangani lebih dulu pasien yang membutuhkan sampai bantuan medis lainnya datang.

Dengan menggunakan Evora, bila ambulans biasa membutuhkan waktu delapan menit buat tiba di lokasi, maka dengan mobil sport bantuan medis bisa datang dengan waktu kurang dari lima menit.

Kapasitas kabin yang terbatas membuat peralatan yang bisa dibawa juga tidak terlalu lengkap. Tapi, ambulans Evora ini sudah membawa tas medis, alat bantu pernafasan, defibrillator (alat bantu jantung), tas oksigen dan lain-lain. Semuanya ditempatkan di bagian belakang mobil.

Pelatihan khusus untuk pengemudi
Lalu lintas Dubai adalah situasi jalanan yang wajib minim kesalahan, dengan jalur jalan raya dan gaya mengemudi yang paling beragam. Dubai Corporation telah memikirkan situasi tersebut, sehingga pengemudi ambulans Evora ini mendapatkan pelatihan khusus untuk mengendarai mobil sport kecepatan tinggi.

Selanjutnya sedang direncanakan penambahan angkutan Dubai Ambulans yang bakal menggunakan model Chevrolet Corvette. Bila rencana ini terealisasi, maka Corvette akan menjadi ambulans tercepat di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com