Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tanpa Awak Audi Sukses "Ngebut" di Sirkuit

Kompas.com - 20/10/2014, 19:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Hockenheim, KompasOtomotif - Audi kembali menghangatkan pacuan banyak merek melahirkan teknologi otonomos. Pada seri terakhir Deutsche Tourenwagen Masters (DTM, balapan touring) yang berlangsung Hockenheimring, pekan lalu, Audi mendemonstrasikan kecanggihan mobil konsep tanpa penumpang RS 7 mengelilingi sirkuit dengan kecepatan balap dan tingkat presisi tinggi melahap tikungan.

Dalam video berdurasi 3,5 menit yang diunggah Audi Jerman ke Youtube, Minggu (19/10/2014), terlihat aksi RS 7 berteknologi yang diberi nama “Piloted Driving oleh Audi, sanggup menyelesaikan satu putaran tanpa cela.

Audi menjelaskan sirkuit merupakan salah satu lokasi paling tepat untuk pengetesan produksi mobil otonomos, kesempatan seperti ini digunakan untuk memastikan teknologi berfungsi sangat presisi dan tanpa eror.

“Performa mantap ini menunjukan kemampuan tim pengembangan kami. Perbedaan dengan seri produksi, terutama dalam hal presisi dan performa adalah nilai lebih untuk langkah pengembangan kami,” ujar Chief R&D Ulrich Hackenberg setelah demonstrasi.

Mobil konsep tanpa awak RS 7 mengandalkan akurasi data GPS yang diterima melalui jaringan WiFi untuk menentukan orientasi. Di saat yang sama, kamera tiga dimensi merekam jalur sirkuit kemudian program komputer membandingkannya dengan data yang telah tersimpan. Hal ini membuatnya presisi dalam hitungan centimeter.

Pada September lalu Audi telah mengungkapkan investasi dana sebesar 22 miliar euro (Rp 337 triliun) untuk menggapai tujuan memasarkan mobil otonomos khusus perkotaan. Selain Audi berbagai merek juga menyatakan serius mengembangkan teknologi ini, di antaranya Mercedes-Benz, BMW, dan General Motors.

Penasaran melihat aksi mobil konsep RS 7 melintasi Hockenheimring? Berikut videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com