Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy S600 ”Indonesia 1”, Mobil Dinas Resmi Jokowi

Kompas.com - 20/10/2014, 17:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Presiden ketujuh RI Joko Widodo akan menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Inilah mobil yang didesain khusus untuk para pemimpin negara di dunia. Kendaraan dengan spesifikasi khusus tahan peluru ini mulai digunakan Jokowi pada Senin (20/10/2014) ini.

Hal ini memutus spekulasi kendaraan yang akan digunakan Jokowi sebelumnya. Sempat beredar kabar bahwa Jokowi bakal menggunakan mobil lain, bahkan ada selentingan bakal pakai Innova yang dimodifikasi. Namun, rupanya Jokowi harus tunduk pada protokoler dan standar keamanan yang sudah ditetapkan.

Yang menarik, Jokowi memilih tulisan ”Indonesia 1” untuk menandai sebagai mobil kepresidenan. Sebelumnya, SBY memilih ”RI 1” pada pelat nomor. Otomatis, untuk wakil presiden, digunakan tulisan ”Indonesia 2”.

Tahan peluru
Sebagai kendaraan khusus, Mercy ini bisa dipacu hingga lebih dari 200 kpj. Dalam proses pembuatannya di Jerman, mobil ini sudah dilapisi baja yang tahan terhadap senapan standar, granat tangan, serta bahan peledak ringan lain.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Sementara pada interior dilengkapi perangkat night view assist system untuk memantau situasi di luar ketika kondisi jalan gelap. Perangkat itu berfungsi layaknya sonar inframerah, dengan kemampuan melihat obyek saat cahaya di luar sangat terbatas.

Selain itu, tersemat kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, plus empat pintu dengan berkemampuan adjustable doorhold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com