Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Konsumen Puas Beli Chevrolet

Kompas.com - 20/10/2014, 13:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Singapura, KompasOtomotif – PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) diberkahi penghargaan cukup prestisius dari JD Power awal Oktober 2014. Berdasar penelitian independen lembaga survei yang berbasis di Singapura itu, konsumen yang membeli merek Chevrolet ternyata mengaku puas selama proses pembelian hingga mobil berada di garasi rumah.

Studi dilakukan dengan meneliti tujuh faktor yang menyangkut kepuasan konsumen saat membeli mobil baru. Faktor-faktor itu adalah proses dan waktu pengiriman, kesepakatan, fasilitas dealer, administrasi, tenaga penjual, dan inisiasi penjualan.

Nilai dikumpulkan maksimal 1.000 poin. Merek dengan pemegang poin tertinggi dinyatakan sebagai pemegang pernghargaan. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata semua merek adalah 766 poin, atau turun 14 poin dibanding 2013.

Temuan baru
Dari hasil survei ini, ada temuan baru, bahwa pembelian kendaraan secara kredit yang di-handle semuanya oleh satu orang tenaga penjual lebih disukai. Orang cenderung tidak nyaman ketika urusan kredit dilempar ke bagian keuangan dealer, atau disodorkan langsung ke perusahaan pembiaayaan.

”Banyak konsumen, khususnya pembeli dengan pengalaman pertama, mungkin tidak seberapa familiar dengan proses pembiyaan dan dokumen-dokumennya. Tenaga penjual yang berinisiatif membantu proses pengajuan kredit hingga disetujui akan mengurangi waktu proses dan meningkatkan kepuasan,” terang Rajeev Nair, Director J.D. Power Asia Pacific.

Rangking merek yang yang memberikan kepuasan pada konsumen saat membeli mobil baru:

No

Merek

Poin

1

Chevrolet

771

1

Mazda

771

2

Mitsubishi

769

3

Toyota

767

4

Daihatsu

765

5

Honda

764

5

Suzuki

764

6

Kia

763

6

Nissan

763

7

Ford

762

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com