Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Merek Otomotif Paling Top

Kompas.com - 14/10/2014, 18:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New York, KompasOtomotif – Interbrand—lembaga konsultan merek—dari Amerika Serikat menggelar aktivitas tahunan dengan mengumumkan 100 merek teratas di dunia. Di sektor otomotif, sekali lagi Toyota berada di puncak, atau berada di peringkat delapan secara keseluruhan di bawah merek-merek besar seperti Apple, Google, dan Coca-Cola.

Dilansir Leftlanenews (12/10/2014), daftar yang dirilis Interbrand adalah merek-merek terbaik, dilihat dari tiga faktor kunci: Performa finansial, peran merek dalam hal penjualan, serta kekuatan kompetisi di antara merek selevel. Sektor otomotif hanya ada 13 merek yang masuk 100 besar. Mereka adalah:

Toyota (peringkat 8)
Tumbuh besar di China dan Eropa. Posisi ini lebih baik dua peringkat ketimbang tahun lalu (pos ke-10). Reputasi baik juga dinilai dari kualitas produk.

Mercedes-Benz (peringkat 10)
Beberapa model baru menaikkan penjualan 14 persen di AS dan 9,5 persen secara global. Penjualan S-Class naik 60 persen, sementara CLA dan GLA berhasil memikat hati pengguna berusia muda.

BMW (peringkat 11)
Persepsi inovasi dalam teknologi ramah lingkungan dinilai baik. Apalagi sejak kehadiran i3 dan i8 yang berhasil memikat dunia dengan tampang dan teknologi ramah lingkungan. Dua model ini dianggap mampu membuat BMW tetap mendekat ke pesaingnya, Mercedes-Benz.

Honda (peringkat 20)
Usia emas tagline ”Powered by Honda” yang cukup berhasil, keinginan kembali ke F1, dan kerjasama dengan Google dan Apple membuat merek ini naik daun. Bantuan kekuatan sepeda motor di pasar berkembang juga menjadi acuan.

Volkswagen (peringkat 31)
Pertumbuhan ”double digit” di pasar China serta performa Golf serta Up! membuat citra merek ini naik drastis.

Ford (peringkat 39)
Portofolio baru yang segar membantu penjualan naik 12 persen secara global. Merek ini juga sangat kuat di AS serta Asia-Pasifik.

Hyundai (peringkat 40)
Merek asal Korea ini masih menjadi yang tercepat dalam hal pertumbuhan. Kawasan yang menolongnya adalah Brazil dan China degan kekuatan produk yang mampu bersaing.

Audi (peringkat 45)
Penjualan naik 8,3 persen. Di Eropa dan China merek ini menjadi top brand di keas mobil luks.

Nissan (peringkat 56)
Salah satu pendatang yang melejit, penjualan dan keuntungan ganda diraih. Kekuatan pasar ada di China dan AS.

Porsche (peringkat 60)
Dideskripsikan sebagai merek ikonik, perpaduan antara supercar dan merek luks entry-level. Rekor keuntungan pun diraih belum lama ini.

Kia (peringkat 74)
”Sepupu” Hyundai ini sukses bertransformasi menjadi merek yang stylish dan menarik perhatian pembeli berusia muda yang terjangkau.

Chevrolet (peringkat 82)
Model kompak yang sukses, yakni Cruze memberi nilai positif. Merek ini juga berhasil melambungkan Corvette dan Camaro untuk penopang image.

Harley-Davidson (peringkat 87)
Merek ini masih dianggap sebagai salah satu ikon sepeda motor yang sukses, meski beberapa waktu lalu didera banyak recall.

Land Rover (peringkat 91)
Merek yang saat ini dikuasai taipan India itu tumbuh 15 persen dalam hal penjualan di 42 negara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com