Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertamu ke "Dapur" Marc Marquez di Motegi

Kompas.com - 14/10/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Salah satu kesempatan langka yang paling dinantikan ketika berkunjung ke ajang MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, adalah undangan eksklusif bagi media berkunjung ke "dapur" tim balap Marc Marquez dan Dani Pedrosa, paddock Honda Racing Company (HRC). Lebih menarik lagi, kunjungan ini dilakukan hanya beberapa saat sebelum balap Moto2 berakhir, Minggu (12/10/2014).

KompasOtomotif beserta tiga rekan media nasional lain, bersama jajaran direksi dari PT Astra Honda Motor (AHM), yakni Presiden Direktur Toshiyuki Inuma, bersama dua Direktur Pemasaran Margono Tanuwijaya dan Koichi Mizuno dikawal langsung oleh Norihiko Kato, Humas HRC.

Di tempat ini terlihat berbagai persiapan tim tengah dilakukan menyambut balapan seri utama MotoGP yang segera berlangsung. Masuk dari belakang, kami langsung disambut oleh tumpukan frame bodi yang menumpuk di dalam kargo khusus.

Agung Kurniawan (ki-ka) Koichi Mizuno, Toshiyuki Inuma, dan Margono Tanuwijaya di Paddock HRC, Motegi, Jepang.

Bergeser sedikit ke dalam bilik, terlihat 12 pasang jejeran ban yang tengah dipanaskan dengan selimut penjaga suhu khusus. Karena hari itu kondisi mendung, maka berbagai opsi ban disiapkan, agar siap menghadapi balapan dalam kondisi apapun.

"Di sini kami menyiapkan ban sesuai yang dibutuhkan masing-masing tim balap. Anda boleh foto, tetapi jangan sampai angka yang tertera pada catatan ban terlihat," jelas Kato waspada.

Bergeser dari tempat persiapan ban, ada seseorang yang duduk tekun memantau beberapa deretan angka pada layar komputer. Kato tidak menjelaskan apa yang orang itu tengah lakukan, tetapi pasti ada kaitannya dengan balapan.

Agung Kurniawan 12 pasang ban dipersiapkan untuk Marc Marquez dan Dani Pedrosa sesuai kebutuhan tim masing-masing.

Masuk ke bagian paling depan paddock, terlihat empat unit Honda RC213V, masing-masing sepasang tunggangan untuk Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Keduanya menempati satu area yang dipisahkan oleh bilik semi permanen.

Keempat sepeda motor terlihat "setengah telanjang", dengan batang knalpot yang terekspos di bagian belakang atas sasis. Di bagian stang salah satu sepeda motor terdapat angka "1" dan di unit lainnya nomor "2". Angka ini menunjukkan sepeda motor mana yang menjadi tunggangan utama Marquez.

Agung Kurniawan Honda RC213V terlihat setengah telanjang di Paddock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com