Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebat, Kustomfest Mulai Dibidik Turis Mancanegara

Kompas.com - 11/10/2014, 16:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif – Kustomfest sebagai ajang unjuk gigi para modifikator Indonesia semakin kuat mendapat pengakuan internasional. Ajang tahunan yang digeber di Yogyakarta—kota yang diklaim punya banyak pecinta seni dan gudangnya builder—itu banyak didatangi builder kelas kakap dunia, begitu juga turis mancanegara.

Dalam penyelenggaraan ke-3, 11-12 Oktober 2014, di Jogja Expo Center (JEC), kegiatan yang digalang Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycles itu didatangi sejumlah nama yang tak asing untuk para builder. Roland Sands dari RSD datang untuk kedua kalinya. Tahun ini juga dimeriahkan Cole Foster, modifikator asal AS yang mengomandani Salinas Boys.

”Tujuan kami memang membuka gerbang budaya kustom Indonesia ini untuk dunia. Kita punya banyak builder yang tak kalah dengan luar negeri, seniman yang konsisten di jalannya, bahkan penggiat industri kustom yang semakin banyak. Kustomfest sejak awal didesain untuk menjadi even dunia,” kata Lulut Wahyudi kepada KompasOtomotif, (11/10/2014).

Wisatawan
Target lain yang mulai tampak keberhasilannya adalah mendatangkan turis mancanegara. Sejak tahun lalu, Lulut selalu mengatakan bahwa Kustomfest bisa menjadi salah satu agenda pariwisata di Yogyakarta. Ajang ini sangat berpotensi mendatangkan turis asing ke Indonesia.

Terbukti tahun ini, turis dari negara tetangga yang khusus datang untuk Kustomfest semakin banyak. Lulut memberi contoh, bahwa tahun lalu turis dari Malaysia hanya 100-an orang, tahun ini melonjak menjadi lebih dari 300-an orang. Belum lagi yang datang dari Thailand, Singapura, Jepang, Swiss, bahkan Kanada.

”Saya melihat modifikator Indonesia sangat kreatif, bahkan saya bisa bilang menjadi yang terbaik di Asia. Setiap tahun saya ke sini (Kustomfest) dan melihat perkembangan modfikasi kustom. Luar biasa, selalu ada hal baru,” kata Zainal Mahmud, salah satu turis dari Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com