Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Bekas Paling Laku di Bawah Rp 100 Juta

Kompas.com - 07/10/2014, 13:58 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Jual beli mobil bekas (mobkas) merupakan turunan dari bisnis utama. Tapi, sampai saat ini transaksi masih berjalan, apalagi semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat, sehingga butuh mobil untuk sarana transportasi.

Kepada KompasOtomotif, Selasa (7/10/2014), Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Karawaci, Tangerang mengatakan, kategori mobkas di bawah Rp 100 juta terbagi dalam dua kelompok besar. Pertama, untuk mobil bermesin 2.000 cc ke bawah dan kedua, di atas 2.000 cc.

Pada saat ini, jelas Leovan, porsi penjualan mobil dengan mesin di bawah (2.000cc) memang lebih disukai konsumen. Selain itu, karakteristik konsumen pembeli mobkas di bawah Rp 100 juta, di dominasi oleh pembelian mobil kedua yang digunakan untuk anak kuliah. Pesatnya jumlah angkatan anak kuliah tidak bisa diimbangi dengan sarana transportasi yang memadai.

Mobil kompak
"Mereka cenderung memiih mobil-mobil kompak, seperti hatchback, sedan kecil, atau mobil kota, ketiga jenis ini primadonanya," jelas Leovan. Semakin banyaknya pilihan yang tersedia di segmen ini membuat konsumen lebih leluasa memilih, sekaligus mendongkrak pasar.

"Kalau dulu kan adanya Avanza atau Innova, anak kuliahan paling pinjem mobil keluarga. Tapi, sekarang dengan harga relatif terjangkau, ada pilihan lain," beber Leovan.

Herjanto Kosasih, Senior Manajer Pemasaran WTC Mangga Dua mengatakan, ketika pasar mobkas lagi lesu seperti saat ini, penjualan justru ditopang dari mobil-mobil di bawah Rp 100 juta. Berbagai pilihan mobil sedan atau hatcback lansiran 2010 ke bawah masih diburu konsumen.

"Avanza dan Xenia masih tetap bagus konsumennya, tetapi memang ada peralihan konsumen ke segmen mobil kompak, seperti Jazz, Yaris, City, dan lain sebagainya," jelas Herjanto.

Berikut Daftar Mobil Paling Diburu Konsumen
1. Toyota Avanza produksi 2010 ke bawah
2. Daihastu Xenia produksi 2010 ke bawah
3. Honda Jazz produksi 2010 ke bawah
4. Toyota Yaris produksi 2010 ke bawah
5. Honda Brio dan Satya (2013)
6. Toyota Etios (2013)
7. Toyota Agya (2014)
8. Daihatsu Ayla (2014)
9. Toyota Vios (2008)
10. Honda City (2008)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com