Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kecepatan Maksimal Kawasaki H2R

Kompas.com - 05/10/2014, 21:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – Kawasaki H2R yang saat ini lagi ”hip” dan sedang dipamerkan di Intermot, Cologne, Jerman, ternyata sudah mulai dites dan digeber para test driver profesional. Bermodalkan tenaga mencapai 300 tk, sepeda motor ini membuktikan kekuatannya dan menegaskan bukan untuk dipakai kalangan biasa di jalanan umum.

”Saya bisa menembus kecepatan 332 kpj,” ujar Jeremy Toye, salah satu test rider Kawasaki di akun Instagramnya. Pernyataan itu dibarengi dengan gambar Kawasaki H2R, dan diunggah pada Jumat, 3 Oktober lalu. ”Sayap pada kepalanya sangat berfungsi,” imbuh Toye.

Kecepatan itu juga membuktikan bahwa sepeda motor ini khusus dibangun untuk kepentingan balap, pengetesan, atau pecinta kecepatan. Angka yang dibubuhkan Toye seakan mematahkan semacam perjanjian tak tertulis antar produsen sepeda motor Jepang yang membatasi kecepatan sepeda motor maksimal 210 mph atau 300 kpj.

Mendukung catatan itu, dalam akun Instagram lain yang di-posting oleh test rider Kawasaki Motors Corp USA, Derek Keyes, mengunggah foto helm dengan bercak darah. ”Pekerjaan yang membahayakan. Menabrak burung dalam kecepatan 200 mph (sekitar 310 kpj). Terima kasih untuk @shoeihelmetusa yang membuat helm tangguh dan menjaga keselamatan saya di semua aspek!” kata Keyes.

Di Facebok, Keyes menjelaskan bahwa kecepatan tersebut berhasil diraih di trek khusus Marysville, Ohio, dengan bentuk oval, tepatnya di Transportation Research Center.

Kecepatan H2R sudah mulai terkuak. Tentu yang lebih bikin penasaran saat ini adalah seberapa kencang H2 yang dilegalkan untuk jalanan umum. Versi yang lebih ramah ini akan dirilis di EICMA, Milan, November 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com