Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang Honda HR-V dari Korea Selatan

Kompas.com - 03/10/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops

Paris, KompasOtomotif - Produsen otomotif terbesar keempat di Korea Selatan, SsangYong memperkenalkan konsep terbarunya, XIV di Paris Motor Show 2014. Kendaraan bergendre SUV kompak atau crossover ini disiapkan untuk mengganggu pemain baru, Honda HR-V dan tentunya Nissan Juke yang menjadi penghuni lama segmen ini. XIV diperkenalkan dalam dua versi, Air dan Adventure.

Konsep baru tersebut digambarkan sebagai kendaraan "ideal bagi kalangan urban dengan gaya hidup aktif dan mencari kesenangan di luar kota."

Dari penampilan, varian Andventure terlihat garang dengan sepasang lampu proyektor dipadu gril model sarang tawon tipis. Bemper terlihat kekar dan kompleks dengan mud guard serta sentuhan warna merah di kedua sisinya. Bagian buritan terlihat berlapis mulai dari bemper sampai pintu bagasi belakang. Lampu belakangnya, berbentuk seperti layangan ramping dalam posisi terbalik.

Carscoop Versi Adventure menawarkan desain lebih kekar sesuai karakter SUV.

Perbedaan dengan varian Air, paling kentara terlihat dari bagian atap mobil yang terbuka. Bukan seperti model convertible, tetapi menyisakan bagian tengah atap mobil tetap terhubung antara pilar A dengan pilar C. Selain itu, desainnya juga terlihat lebih mulus, elegan, sekaligus membuang kesan macho yang dimiliki varian Adventure.

Dari pandangan mata jarak pijak dari tanah tidak terlalu tinggi, ada indikasi varian ini ditujukan pada konsumen perkotaan. SsangYong belum mau membeberkan rencana besar bagi konsep XIV, tetapi kedua model ini diprediksi mulai dijual di pasar domestik Korea, mulai tahun depan, selanjutnya disusul Eropa.

Sedikit spesifikasi yang dibocorkan, menggunakan mesin 1.6 liter bensin dan diesel. Mesin ini sudah memenuhi standar emisi Euro 6, dipadu dengan transmisi 6-percepatan manual dan otomatis. Mobil ini juga ada pilihan sistem penggerak semua roda (all-wheel drive).

Carscoop Perbedaan paling terlihat pada bagian atap mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com