Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spek Innova untuk Anggota DPR

Kompas.com - 02/10/2014, 14:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jika menilik plafon bantuan yang didapatkan anggota DPR periode 2014-2019 untuk uang muka kendaraan dinas, dalam hal ini Toyota Kijang Innova, seharusnya mereka bisa mendapatkan tipe V Luxury. Inilah varian dengan kelengkapan dan kemewahan paling tinggi di klan legenda MPV Indonesia itu.

KompasOtomotif memberikan hitung-hitungan kredit-nya, dengan asumsi, pembayaran pertama sekitar Rp 130-an juta (DP 30 persen dan cicilan pertama) dari plafon bantuan negara tak lebih Rp 150 juta per anggota DPR. Tipe V Luxury baik mesin bensin atau diesel sudah memberikan kenyamanan istimewa.

PT Toyota Astra Motoer (TAM) memperbarui wajah Innova pada 2013 silam, disebut New Kijang Innova. Dibandingkan dengan model lama, yang baru lebih catchy dengan desain gril lebih besar, bagian belakang ditambah reflektor, MID lebih canggih, hingga sistem keamanan dual airbag serta side impact beam.

TAM Interior tipe V dengan captain seat.

Varian
Ada empat varian dasar mobil ini, yakni J, E, G, dan V. Lalu dibagi-bagi lagi hingga secara total menjadi 18 tipe dengan harga berbeda. Namun pada dasarnya, tipe J adalah varian paling rendah, dan V menjadi paling tinggi. Embel-embel Luxury di belakangnya membuat penampilan semakin mewah.

Jika Anggota DPR memilih tipe V Luxury, berarti fasilitas di dalamnya sudah mirip MPV papan atas. Jok baris ke-2 sudah berjenis captain seat, alias hanya dua penumpang dengan sandaran tangan. Panel interior dilapisi kayu, dengan AC digital yang bisa disetel suhunya sesuai keinginan.

Di sisi hiburan, warisan audio tipe G, yakni head unit layar sentuh 6 inci dengan Dolby Stereo System menjadi andalan. Untuk penumpang baris ke-2 dan ke-3, disiapkan layar monitor atap 8 inci. Sistem keamanan juga paling legkap, mulai ABS, kantong udara, pelindung samping, hingga kamera-kamera yang siap mengawasi saat akan parkir.

Soal tampang pasti paling wah, dengan spoiler dan ornamen baru, pelek berdesain berbeda, lubang knalpot sporty, lampu stop tambahan, hingga spion dengan lampu sein. Banderol yang ditawarkan untuk mesin bensin Rp 324,7 juta, sementara untuk mesin diesel Rp 330,85 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com