Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Chevrolet Paling Nyaman di Indonesia

Kompas.com - 02/10/2014, 11:25 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Singapura, KompasOtomotif - Para konsumen di Indonesia merasa pelayanan pembelian kendaraan tahun ini lebih memuaskan ketimbang 2013. Beberapa hal menyangkut, proses interaksi dengan pramuniaga, proses mekanisme pembiayaan, dan pengantaran kendaraan menjadi poin penentu. Hal ini disimpulkan hasil studi oleh JD Power 2014 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI), yang dilansir Rabu (1/9/2014).

Penelitian ini mempelajari tujuh faktor yang berkontribusi pada kepuasan pembelian mobil berdasarkan pengalaman konsumen di Indonesia. Ketujuh faktor itu, adalah Proses Pengantaran Unit (31 persen), Waktu pengantaran (13 persen), Kesepakatan (12 persen), Fasilitas dealer (12 persen), Pengurusan administrasi (11 persen), Pramuniaga (11 persen), dan Inisiasi penjualan (9 persen).

Penilaian dilakukan menggunakan skala dengan nilai terbaik 1.000 poin, menyangkut tingkat kepuasan terhadap proses penjualan dan pengiriman mobil. Tahun ini, total nilai yang dikumpulkan mencapai 766 poin, lebih tinggi 14 poin dari tahun lalu. Menunjukkan kalau kepuasan konsumen terhadap layanan para dealer bertambah baik tahun ini.

Layanan dengan nilai terbaik yang dirasakan konsumen diperoleh dari para pramuniaga dengan 775 poin. Disusul penanganan aplikasi pembayaran oleh perwakilan perusahaan pembiayaan (762 poin) di masing-masing dealer dan langsung dari lembaga pembiayaan (750 poin).

"Banyak konsumen, terutama pembeli mobil pertama, bisa tidak terlalu mengenali dengan proses pembiayaan dan dokumen yang dibutuhkan. Para pramuniaga yang membantu konsumen mengurus hal ini bisa membantu proses waktu jadi lebih singkat, pengajuan kredit disetujui, sehingga meningkatkan kepuasan," beber Rajeev Nair, Direktur JD Power Asia Pacific di Singapura.

Memuaskan
Dari seluruh merek yang beroperasi di Indonesia, tercatat dua produsen yang berhasil meraih nilai terbaik. Mendapat predikat paling memuaskan dalam urusan pengalaman pembelian mobil, yang diraih oleh Chevrolet dan Mazda dengan nilai sama 771 poin.

Menduduki peringkat kedua, ada Mitsubishi dengan nilai 769 poin, disusul Toyota (767), Daihatsu (765), Honda (764), Suzuki (764), Kia (763), Nissan (763), dan Ford (762). Penelitian SSI tahun ini dilakukan dari pengalaman 2.895 pemilik kendaraan baru yang melakukan pembelian periode Oktober 2013 hingga Juni 2014.

"Chevrolet menempatkan pelanggan sebagai pusat dari apa yang kami lakukan. Kami berkomitmen untuk memberikan kepuasan pelanggan dari awal kepemilikan kendaraan," ujar Michael Dunne, Presiden Direktur GM Indonesia dalam pernyataan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com