Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Spesifikasi Kawasaki H2R

Kompas.com - 01/10/2014, 13:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cologne, KompasOtomotif – Genap sudah rentetan video penggoda Kawasaki untuk membuat penasaran dengan hadirnya generasi baru, H2. Seiring dengan kemunculan video ke-10, spesifikasi dan wujud semakin jelas dengan dipajangnya sepeda motor super ini di pameran sepeda motor Intermot, Cologne, Jerman, mulai 30 September 2014.

H2R adalah versi kencang (bisa jadi disiapkan untuk ajang balap masa depan). Telah dikonfrimasi bahwa sepeda motor model 2015 ini akan menyandang mesin 998cc supercharger empat silinder segaris dengan pendingin cairan. Meski tidak disebut produksi tenaganya, namun Kawasaki memberi gambaran power akan tembus 296 tk!

ringpiston Bocoran tampang Kawsaki H2 Race.

Jarak sumbu roda cukup panjang, namun tidak menurunkan performa handling. Hampir semua bodi menggunakan bahan serat karbon untuk menambah stabilitas saat melesat dalam kecepatan tinggi. Lengan ayun satu sisi ada di kiri, menggantung pada rangka trellis yang diklaim sangat rigid dan mampu menyerap getaran.

Untuk mengerjakan sepeda motor ini, Kawasaki "bermain keroyokan" atas nama Kawasaki Heavy Industries (KHI). Mesin dan performa dikerjakan oleh perusahaan yang tergabung dalam grup KHI. Menurut rilis resmi, gabungan pemikiran ini demi menemukan tenaga maksimal dan akselerasi yang diinginkan.

motorcycle Kawasaki H2R dengan mesin supercharge dan rangka trellis yang rigid.

Untuk "rider" profesional
H2R memakai roda ukuran 120/600R17 di depan dan 190/650R17 di belakang, menggunakan ban Bridgestone V01 slick. ”Sepeda motor ini hanya boleh dikendarai di trek tertutup, dikendarai rider profesional, dan menggunakan ban slick,” begitu bunyi pernyataan Kawasaki dalam siaran pers.

Kawasaki Aerospace Company disebut turut andil dalam mendesain bagian aerodinamika lewat berbagai peranti serat karbon. Fairing membantu memaksimalkan pendinginan. Lekuk desain juga diklaim mempunyai hambatan angin yang kecil, dengan lubang hisap udara di bagian depan.

H2 versi legal di jalanan akan menyusul dalam pameran EICMA, November. Dikatakan tipe ini akan lebih rendah tenaganya, sekitar 200 tk.

Berikut video seri terakhir H2R:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com