Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Desain Baru Untungkan Mercedes dan Ferrari

Kompas.com - 01/10/2014, 11:10 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Formula1 musim depan akan mengadopsi regulasi baru yang mengatur desain "hidung" pada setiap mobil balap yang tampil. Tim Mercedes dan Ferrari dianggap sebagai dua tim yang paling diuntungkan dengan penerapan regulasi tersebut.

Pendapat tersebut dilontarkan pimpinan teknis Force India, Andy Green. Menurutnya, perubahan regulasi ini adalah upaya dari FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) untuk menyetarakan desain bagian depan setiap mobil balap.

Artinya, tim-tim seperti Lotus, Force India, Toro Rosso, McLaren dan Caterham, sudah harus mengikuti macam desain yang sudah ditetapkan oleh aturan perubahan FIA. Mereka harus mendesain ulang bagian depan mobil mereka untuk musim depan.

"Kami terkejut setelah menguji desain baru ini, dan kami kehilangan banyak downforce (daya tekan). Pada tes pertama di terowongan angin, ada 20 persen tekanan yang hilang karena desain baru bagian depan," jelas Andy Green seperti dilansir Worldcarfans, Rabu (1/10/2014).

Paling siap
Green melanjutkan, Ferrari dan Mercedes sudah siap dengan perubahan desain mobil ini. Kemungkinan besar timnya akan meniru desain hidung yang diadopsi oleh dua tim tersebut, karena desain Ferrari dan Mercedes, sudah mendekati regulasi yang akan ditetapkan 2015 nanti.

"Ferrari dan Mercedes sudah melewati proses yang panjang dan mahal dalam pengujian desain baru. Mereka sudah mendekati regulasi yang akan ditetapkan nanti. Hidung mobil adalah pusat dari seluruh filosofi aerodinamis mobil. Dua tim tersebut bisa jadi pelajaran penting buat kami," tutup Green.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com