Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Mau Pasang Stiker buat Avanza, Ikuti Tips Ini

Kompas.com - 01/10/2014, 09:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Stiker adalah salah satu alternatif untuk mengubah eksterior kendaraan yang sederhana, tanpa harus mengecat ulang. Stiker juga punya nilai lebih, karena tidak mudah merusak lapisan cat asli dari kendaraan.

Kebanyakan para pengguna Avanza yang melakukan ubahan ringan, memilih jenis cutting stiker sebagai penghias eksterior. Ada yang memblok penuh, model grafis, sampai stiker model nyentrik yang menempel apik di bodi.

"Stiker itu praktis, pemasangannya mudah dan tidak menyita waktu, ekonomis. Selain itu juga fleksibel, dan bisa diganti kapan saja bila bosan," jelas Nur Sumirat, salah satu pengguna Avanza dari komunitas TACI.

Tapi meski terkesan muda, ada beberapa tips yang harus diperhatikan pemilik kendaraan sebelum memasang stiker. Ton Ton, pemilik usaha pemasangan cutting stiker berbagi tipsnya kepada KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Avanza Veloz dengan ubahan elegant sporty
1. Pertama, pikirkan konsep. Permainan grafis, gaya balap, elegan atau penyatuan gambar-gambar animasi Tentukan dari awal agar tidak melenceng dari keinginan, kecuali bila hanya ingin ganti warna (stiker polos).

2. Cari referensi di internet, majalah atau sumber lain untuk menguatkan ide. Tunjukkan referensi ini kepada ahli cutting sticker untuk digambar sketsanya dengan perangkat lunak khusus, biasanya Adobe Photoshop atau Illustrator. "Banyak yang datang tapi nge-”blank” gak tahu mau modelnya. Ini yang bikin pusing," jelas Ton Ton.

3. Perhatikan perbandingan ukuran dari gambar di komputer dan kendaraan. Ini penting dicek lebih awal karena menentukan hasil akhir. Ahli cutting sticker biasanya punya orang  khusus untuk memilih ukuran ini.

4. Pilih merek stiker sesuai kebutuhan. Banyak juga yang memilih merek lain karena lebih murah dan mudah melepasnya kalau ingin ganti model. Jika pemasangan stiker untuk jangka panjang, pilih merek bagus. "Tapi kalau untuk sekadar ganti wajah dan  diganti dalam waktu dekat, merek apa pun jadi," celetuk Ton Ton.

Selebihnya, serahkan pengerjaan pada ahli cutting sticker. Mulai dari pemotongan, pemasangan dan penggunaan pengering rambut agar sisi kerapian hasilnya bisa terjaga dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com