Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cafe Racer Cita Rasa Jepang

Kompas.com - 30/09/2014, 14:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cologne, KompasOtomotif – Yamaha menawarkan dua model bernuansa cafe racer untuk Intermot, di Cologne, Jerman. Model tersebut adalah XJR1300 dan XJR1300 Racer. Semuanya bertampang sporty layaknya sepeda motor balap era 1970-an, khususnya di Eropa.

Tampang sepeda motor ini terinspirasi dari model kustom dari builder Keino yang disebut Rhapsody in Blue sebagai bagian dari program Yamaha Yard Built. Wajah depan dengan lampu bulat. Mesin tampak jelas tidak ada yang ditutupi, dan bagian belakang mirip sepeda motor cafe racer.

Mesin mengadopsi tipe injeksi 1.251cc I-4 (4-silinder segaris) yang sanggup mengeluarkan tenaga 96,4 tk @8.000 rpm dan 108,4 Nm @6.000 rpm. Konfigurasi knalpot 4-2-1 yang mengalir dengan warna hitam dop dan menyembul di bagian kanan sepeda motor.

Asphaltandrubber Yamaha XJR Racer.

Pendingin udara
Cukup menarik karena tunggangan ini masih bertahan dengan pendingin udara. Padahal, punggawa-punggawa lain di kelasnya seperti Harley-Davidson Sportster, Indian Scout, BMW, bahkan Ducati Monster sudah dipasangkan dengan radiator besar.

Sasis terbuat dari baja double cradle. Elemen kustom termasuk penutup bagian samping gaya balap, setang almuminium, jok dijahit, dan lampu utama yang simpel. Untuk tipe XJR1300 Racer dibangun berdasarkan Yard Built oleh Deus Ex Machina yang disebut ”Eau Rouge”.

Bedanya dengan tipe ”biasa”, Racer menggunakan penutup samping dan sepatbor karbon fiber. Bagian belakang (single seater) benar-benar cafe racer look. Dua tipe akan tersedia dalam tiga warna pilihan, biru, abu-abu, dan hitam.

Harga di Eropa 10.395 euro (Rp 161 juta) dan 11.590 euro (Rp 180 juta) untuk tipe Racer. Model ini akan mulai dikirim ke konsumen mulai Desember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com