Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat 500X "Kanibal" Jeep Renegade?

Kompas.com - 30/09/2014, 14:36 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Fiat Chrysler Automobiles siap melepas model terbaru, Fiat 500X di Paris Motor Show yang bergulir mulai pekan depan. Versi crossover dari Fiat 500 ini diproduksi di tempat yang sama di Italia, menggunakan platform sama dengan Jeep Renegade dan dikhawatirkan akan saling kanibal, dalam hal penjualan.

500X, diharapkan bisa mendorong popularitas mobil kompak Fiat 500 pada konsumen. Ditawarkan dalam berbagai karakter berbeda, meski memiliki desain benang merah yang sama, yakni retro modern.

Tapi, analis pasar mengaku kedua kendaraan punya karakter konsumen yang berbeda. "Jeep (Renegade) dan 500X bisa hidup berdampingan," jelas Giorgio Elefante, peneliti dari PwC Consultan, dilansir Autonews Europe (29/9/2014).

Ian Fletcher, peneliti dari IHS Automotive mengatakan, 500X punya karakter lucu, kendaraan urban dengan kemampuan "off-road". Sedangkan Renegade merupakan versi "kasar" yang diharapkan lebih dari Jeep.

"Mereka seperti versi pria dan wanita, meskipun saya berharap kedua model ini bisa memuaskan kedua gender yang ada," jelas Ian. Kekuatan Fiat 500X ada pada desain yang ditawarkan, sedangkan Renegade lebih ke fungsional.

Pasar crossover atau SUV subkompak saat ini tercatat sebagai segmen paling pesat pertumbuhannya di dunia. IHS Automotive memprediksi penjualan kendaraan di segmen ini bisa naik 31 persen menjadi 1,95 juta unit di seluruh dunia, tahun ini. Pertumbuhan penjualan akan berlanjut hingga tahun depan, mencapai estimasi 2,56 juta unit.

Ian melanjutkan, semakin banyak pembeli mobil beralih ke kendaraan SUV atau crossover dan meninggalkan minivan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com