Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Menggantung” Ban dalam Subaru AWD Challenge

Kompas.com - 29/09/2014, 13:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Motor Image Indonesia kembali memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk membuktikan ketangguhan teknologi Symetrical All-Wheel Drive pada Subaru XV dan Forester. Kali ini memanfaatkan ajang IIMS 2014 dengan membuka arena khusus di belakang Hall C, JI Expo, Kemayoran.

KompasOtomotif penasaran ingin mencoba empat rintangan yang disiapkan. Jika dilihat kondisi rintangan, mustahil untuk mobil biasa melewatinya dengan mulus. Untuk itulah, Subaru ingin membuktikan tiga kombinasi ampuh mengatasi rintangan, yakni mesin Boxer, Symetrical AWD, dan Vehicle Dynamic Control System (VDC).

Simulasi aneka rintangan
Simulasi pertama adalah Side Ramp. Pengemudi dan penumpang merasakan kondisi jalan dengan kemiringan ekstrem hingga 40 derajat. Mobil beberapa saat menapak permukaan jalan hanya dengan tiga roda (belakang kanan menggantung). Di dalam, kemiringan ekstrem tak terhindar, seakan-akan mobil akan terguling. Namun, semua fitur canggih menepis kekhawatiran itu.

Tantangan berikutnya adalah Shell Pits. Dengan gelombang-gelombang besi, diharapkan penumpang bisa merasakan dan membayangkan kenyamanan serta kestabilan saat kendaraan melewati jalan rusak penuh lubang. ”Orang yang biasa mual karena guncangan, lebih bisa dikurangi,” kata instruktur yang mendampingi KompasOtomotif.

Yang menarik adalah Cross Rollers. Percobaan ini memberikan pengalaman berkendara di jalan dengan permukaan tidak rata, plus dua pasang gundukan besar berseberangan. Ban akan dua kali menggantung di sisi yang berbeda. Dengan cerdas, komputer memindahkan tenaga pada ban yang membutuhkan traksi. Sementara ban yang menggantung tidak diberikan energi untuk berputar.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Simulasi jalanan licin dalam salah satu tantangan Subaru AWD Challange.

Licin
Tantangan selanjutnya, Slip Rollers. Ini adalah simulasi trek licin dengan pipa-pipa besi yang berputar. Lagi-lagi, AWD dan DVC membantu pengemudi melewatinya dengan mudah. Cukup injak pedal gas secara pelan, komputer akan memberikan traksi secara presisi pada ban, karena kondisi licin juga biasa menjadi penyebab kecelakaan.

Cukup menantang saat berhadapan dengan X-Mode. Ini memberikan pengalaman berkendara off-road, menanjak dan licin, bak berkendara di atas bukit berlumpur usai hujan deras. Perpaduan kontrol traksi, manajemen mesin, Hill Descent Control dan rem membuat mobil melaju aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com