Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes Luncurkan Truk Tanpa Pengemudi

Kompas.com - 29/09/2014, 12:28 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Hannover, KompasOtomotif - Sejauh ini teknologi kendaraan tanpa pengemudi (otonomos) masih sebatas pada mobil penumpang yang berukuran kecil. Tapi, Mercedes-Benz sudah selangkah di depan dengan mengenalkan Future Truck 2025 Concept.

Konsep tersebut sudah mengusung teknologi otonomos. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim bahwa teknologi masa depan juga bisa disematkan pada kendaraan komersial seperti truk atau bus sebagai transportasi publik.

Future Truck 2025 Concept dipamerkan pada IAA Commercial Vehicles di Hannover, Jerman, yang digelar pada 25 September sampai 2 Oktober 2014. Sebelumnya pada Juli lalu, Mercedes sempat menguji truk otonomos ini meski dengan selubung.

Desain wajah mengesankan kendaraan masa depan dengan penggunaan LED besar pada gril dan bemper. Secara keseluruhan bodi depan futuristik yang mengambil desain seperti i-Phone.

Interior juga tampil mencolok dengan aksen kayu pada beberapa bagian, di atas permukaan organik pada kabin. Ruang interior dibuat nyaman dibandingkan truk yang ada saat ini. Awak kabin memang akan dibuat nyaman di dalamnya, karena tidak perlu lagi memperhatikan kondisi jalan.

Ketika sistem Highway Pilot diaktifkan, kursi pengemudi akan berputar 45 derajat menjauh dari kemudi. Tapi, supir masih bisa melakukan kontrol penuh bila dibutuhkan. Tersedia juga tablet berukuran besar sebagai kontrol utama, ini mirip dengan layar konsol tengah pada mobil listrik Tesla Model S.

Sebagian besar sistem terdiri dari teknologi yang sudah ada saat ini, termasuk cruise control, monitor blind spot dan teknologi jalur berkendara. Sistem lain menggunakan peta topografi untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar. Namun untuk mengubah jalur dan menyusul masih membutuhkan campur tangan pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com