Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi S3 Usung Standar Baru Sedan Sport

Kompas.com - 25/09/2014, 15:03 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Audi S3 Sedan menciptakan standar terbaru di kelas sedan sport, yakni tenaga besar tapi efisien bahan bakar dan fitur termewah. Mesin, desain, bahan dan fitur saling menciptakan harmoni yang apik.

PT Garuda Mataram Motor (GMM), sebagai agen pemegang merek Audi di Indonesia, memberikan penjelasan tentang semua kelebihan dari S3 Sport. Sedan ini dilepas dengan harga jual Rp 1,050 miliar, on the road Jakarta. Satu unit S3 Sport warna merah dipajang di booth Audi, Hall B, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kemampuan
Mengusung mesin 2.0 TFSI yang mampu menghasilkan tenaga berlimpah 290 tk dari rentang putaran mesin 5.500 rpm hingga 6.200 rpm. Sedangkan torsi puncak 380 Nm pada rentang 1.800 rpm hingga 5.500 rpm. Diklaim konsumsi rata-rata bahan bakar mencapai 6,9 liter per 100 km, berkat transmisi automatic S Tronic. S3 Sedan mampu melesat ke angka 100 kpj dari posisi diam hanya dalam 4,9 detik dengan top speed 250 kpj.

Mesin dipadukan dengan transmisi enam percepatan S-tronic untuk mendapatkan performa sporty. Pengendara bisa memperoleh perpindahan gigi yang super cepat baik di mode D (Drive) maupun di mode S (Sport). Juga terpasang fitur Launch Control sehingga mampu menyalurkan tenaga yang besar dari mesin ke ban tanpa ada gejala spinning (berdecit). Tenaga dikirimkan ke penggerak empat roda dengan fitur Quattro yang sudah diperbaharui secara elektronik.

Dinamis
S3 Sedan ini diklaim punya handling dinamis. Itu berkat konstruksi super ringan dengan bahan bodi alumunium pada kap mesin. Total, beban kendaraan hanya 1.525 kg, dengan dimensi panjang 4,4 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,4 meter dengan jarak sumbu roda 2,6 meter.

"Desainnya yang atletis membuat Audi S3 Sedan ini terlihat sangat memukau. Garis pada kap mesin yang flat serta dibalut garis-garis tegas disekelilingnya membuat mobil terlihat lebih kokoh," jelas Krisna Aditia Aristian, Training and Development PT GMM, Kamis (25/9/2014).

Interior Total Black
Desain interior Audi S3 Sedan dibalut dengan warna hitam, ada nuansa alumunium pada tombol-tombol pengaturan dan dashboard berwarna abu-abu gelap. Pada tachometer ada logo S3 tiga dimensi dan indikator turbo boost.

Batang kemudi multifungsi dibungkus kulit dengan logo S3. Jok depan yang sporty dengan logo S3 pada headreast. Sistem infotainment Multi Media Interface (MMI) Navigation Plus with MMI touch dan fitur Connectivity Package. Fitur standar lainnya adalah alarm anti pencurian, AC otomatis dan pemakaian lampu xenon plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com