Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Indonesia Pelajari Carnival Diesel

Kompas.com - 23/09/2014, 17:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kia Mobil Indonesia (KMI) masih mencari waktu yang tepat kapan generasi ketiga Sedona atau yang lebih dikenal dengan Carnival meluncur di Tanah Air. Studi masih dilakukan sebab tipe mesin yang paling memungkinan masuk ke Indonesia adalah diesel 2.2L, bukan bensin 3.3L yang dinilai melewati batas tarif baru PPnBM.

Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono mengatakan di Indonesia Carens masuk ke segmen MPV mewah 7-penumpang. Posisinya menjadi “kakak” Carens di kelas MPV milik KMI sekaligus sebagai model termewah yang dipasarkan di Indonesia.

Sementara itu, GM Product Development Arifani Perbowo menjelaskan, adaptasi teknologi diesel milik Kia di Indonesia sebenarnya tidak sulit dilakukan. Dicontohkan, mesin diesel 2.2L milik Sorento tetap “sehat” walau rutin menenggak solar bersubsidi.

“Yang perlu diperhatikan bila kita memasukan satu model ke Indonesia butuh investasi tinggi, kita perlu pastikan ketersediaan suku cadang dan seberapa banyak masyarakat bisa menerima, ini yang sedang kita pelajari,” ujar Arifani yang juga mengakui masih mempelajari kelayakan mesin diesel Carens, Selasa (23/9/2014).

Untuk pasar Indonesia, Carnival terbaru bakal bersaing dengan Biante, Serena, Elgrand, Delica. Prediksi rentang harga, Rp 500 – 700 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com