Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah ”Jeroan Tulang” Ford Ecosport

Kompas.com - 23/09/2014, 08:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Guna membuktikan nilai lebih salah satu produknya, PT Ford Motor Indonesia (FMI) membawa pajangan unik, berupa Ecosport yang ”dikuliti” secara khusus dalam IIMS 2014. Hal ini dilakukan agar pengunjung semakin yakin bahwa baja material pelindung yang digunakan sangat kuat melindungi penumpang.

”Melalui Ecosport yang dipotong khusus ini, pengunjung bisa mengetahui komitmen Ford dalam memastikan keselamatan penumpang. Konstruksi keselamatan kendaraan bisa dilihat, termasuk penggunaan baja boron berkekuatan tinggi di beberapa titik,” ujar Bagus Susanto, Managing Director FMI, (19/9/2014).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Baja pelindung berkekuatan tinggi siap menahan benturan samping.

Dari dekat, mobil benar-benar dipotong pada beberapa bagian luar. Tampak lapisan baja boron di pilar dan sasis. Ford memberi warna berbeda untuk bagian baja ini agar pengunjung bisa membedakan lapisan luar dan dalam.

Dari struktur itu, diinformasikan pula bahwa penggunaan pelat untuk bodi juga cukup tebal demi meminimalisir dampak benturan dan tidak mudah berlekuk. Di bagian pintu, terdapat lubang yang menonjolkan besi pelindung baja berkekuatan tinggi, untuk menjaga penumpang dari benturan samping.

Baja boron pada ”struktur tulang” juga berfungsi untuk melindungi bodi mobil, terutama bagian atap agar tidak mudah melengkung saat mobil terguling. Diklaim, baja ini juga sanggup menahan bodi bawah terhadap tekanan dari atap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com