Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Promosikan Teknologi "Fuel Cell"

Kompas.com - 19/09/2014, 17:51 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Untuk menopang strategi global dalam pertaruhannya pada mobil berteknologi hidrogen (fuel cell), Toyota Indonesia ikut mendengungkan teknologi canggih masa depan ini pada gelaran IIMS 2014.

Toyota Motor Corporation (TMC) bahkan sudah siap memproduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen ini mulai April tahun depan di Jepang. Untuk mendorong kampanye ini, Toyota menampilkan Fuel Cell Vehicle (FCV) yang sebelumnya sempat tampil di Tokyo Motor Show, November 2013 lalu.

Sedan menengah konsep ini diharapkan bisa meneruskan sukses Prius Hibrida yang sudah terjual 6 juta unit sejak dipasarkan 1997. "Konsep kendaraan berbahan bakar hidrogen sudah dipamerkan sejak 20 tahun lalu, akhirnya mulai tahun depan diproduksi massal," jelas Widyawati Soedigdo, GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) di Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014).

Produk ini menjadi mobil hidrogen perdana yang dijual secara massal oleh Toyota. Widyawati menambahkan, dengan memajang FCV, Toyota bisa memberikan gambaran ke pengunjung IIMS kemajuan teknologi industri otomotif dalam menghadapi tantangan mobilitas, di tengah semakin langka dan mahalnya sumber energi di masa depan.

November lalu, KompasOtomotif juga pernah merasakan sensasi mobil fuel cell Toyota langsung di Nagoya, Jepang. “Pemakaian hidrogen ini membuat mobil FCV Toyota benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada emisi (zero emission). Sisa pembakarannya keluar dalam bentuk air (H2O) sehingga betul-betul ramah untuk lingkungan,” tambah Dadi Hendriadi, GM Teknik TAM,

Berdasarkan riset yang dilakukan Toyota, kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 km. Disamping itu, proses pengisian bahan bakar hidrogen juga jauh lebih cepat yaitu sekitar 3 menit sampai 5 menit dibandingkan pengisian setrum mobil listrik yang bisa berjam-jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com