Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasarkan Truk Berat, Sachman Pakai Strategi ”Hijau”

Kompas.com - 19/09/2014, 11:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Shacmindo Perkasa sebagai pemegang merek truk berat Sachman asal China ikut unjuk gigi di deretan stan outdoor IIMS 2014, JI Expo, Kemayoran, 18-28 September. Demi merebut hati pasar, strategi yang diterapkan adalah mengusung produk-produk ramah lingkugan dengan bahan bakar Compressed Natural Gas (CNG).

Pemilihan produk ramah lingkungan berdasarkan fakta bahwa saat ini kebutuhan penggunaan bahan bakar alternatif pengganti fosil sangat mendesak. Diungkapkan, sumbangan terbesar pencemaran udara di Indonesia adalah kontribusi emisi gas buang dari kendaraan bermotor, yaitu sekitar 85 persen.

Selain isu lingkungan, Sachman juga mengemukakan pemikiran soal efisiensi yang dihasilkan truk dengan bahan bakar alternatif. Sebelum pameran berlangsung, Shacman membuktikan efisiensi dari CNG Dump Truck 380HP melalui serangkaian uji coba. Mulai on road maupun off road, menanjak di medan berbatu dengan kemiringan 30 derajat bermuatan 30 ton, mendapatkan hasil yang baik.

Dalam delapan tahun terakhir Shacman telah berhasil menjual truk yang menggunakan bahan bakar gas alam (CNG/LNG) sekitar 80.000 unit, dengan populasi yang tersebar di seluruh dunia termasuk di China sendiri.

Di Indonesia, merek ini akan fokus memasarkan empat varian, Tractor Head – Diesel & Gas, Dump Truck – Diesel &Gas, Long Chassis Truck – Diesel &Ga, dan Cement Mixer.

”Keempatnya dipilih berdasarkan permintaan pasar yang cukup tinggi untuk memenuhi usaha pengangkutan barang (logistik), pertambangan, perkebunan, forestry, oil & gas dan lain-lain,” ujar Sastrio Murshandi, Direktur Pemasaran dan Penjualan Sachmanido Perkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com