Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pameran Otomotif Senilai Rp 1 T Lebih

Kompas.com - 18/09/2014, 09:17 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, akan resmi dibuka hari ini, Kamis (18/9/2014), pukul 10.00 WIB, di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat. Inilah potret kemajuan industri otomotif nasional sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Tercatat ada 29 merek mobil penumpang dan tujuh mobil niaga yang ambil bagian di ajang IIMS 2014 ini. Belum lagi industri pendukung lain, seperti komponen dan aksesoris yang juga ambil bagian. Secara keseluruhan ada 286 perusahaan yang terlibat dalam IIMS tahun ini.

Bila dihitung secara kasar, pameran ini bernilai ratusan miliar rupiah lebih. Setiap ATPM yang berpartisipasi, harus menggelontorkan banyak dana, baik untuk penyewaan ruang, pembangunan booth atau keperluan teknis lainnya sampai bisa ambil bagian di IIMS 2014.

"Puluhan miliar mungkin modalnya buat ikut IIMS. Kasarnya, menyewa layar besar saja satu hari bisa Rp 100 juta, dikali 11 hari gelaran berarti sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 1,1 miliar, baru untuk keperluan layar. Belum sewa tempat, biaya kontraktor yang membangu stan. Mungkin bila diandai-andai, perlu dana sedikitnya Rp 20 miliar," jelas sumber saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Bila satu ATPM mengeluarkan dana Rp 20 miliar, dikali 36 peserta yang ikut maka total terkumpul Rp 720 miliar, belum lagi industri pendukung lainnya yang juga harus mengeluarkan uang. Bila ditotal, mungkin nilai IIMS 2014 mencapai Rp 1 triliun lebih. Belum lagi nilai puluhan mobil yang dipajang.

Rencananya, pembukaan IIMS tahun ini akan dilakukan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Tahun lalu, peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono, dan hadir juga Wagub DKI Jakara, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com