Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen China Serius Jalani Balap Formula 4

Kompas.com - 17/09/2014, 10:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Geely Holding Group menggandeng mitra balap, Narcar, untuk uji kebolehan di ajang balap internasional berstandar Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Merek yang juga pemilik Volvo Cars ini mulai memasok mesin 2.0 liter untuk menjadi salah satu dari empat pabrikan di ajang balap Formula 4 mulai musim 2015.

Mesin dengan kode JLδ-4G20 juga digunakan pada beberapa kendaraan penumpang Geely, seperti SUV GX7 dan sedan Emgrand EC8. Ajang balap ini akan digunakan sebagai wadah uji coba kualitas mesin buatan China itu. Geely saat ini juga tengah mengembangkan mesin turbo injeksi langsung.

Formula 4 merupakan ajang bagi pembalap muda di dunia. Banyak alumninya kemudian berkiprah di balap Formula 1 atau World Rally Championship.

Geely Auto berambisi untuk bisa menopang kegiatan balap kelas pemula baik di ajang domestik China maupun internasional.  Balap Formula 4 China tahun ini berlangsung tujuh seri, dengan penumuman seri perdana menyusul dalam waktu dekat. Narcar menjadi penyelenggara seri balapan kali ini sekaligus menawarkan pasokan mesin dari Geely pada negara lain. Harga mesin yang lebih kompetitif diharap bisa menarik perhatian penyelenggara di negara lain.

"Mesin Geely Auto 2.0 liter itu sangat ringan, selain itu bertenaga, menjadi solusi tepat bagi ajang balap dan aplikasi mobil penumpang. Kami lebih dari terhormat bisa bekerja sama denga FIA masuk ke ajang balap internasional ini," beber Wang Rui Ping, General Manajer Sistem Penggerak Geely, dilansir Autoblog (16/9/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com