Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Indonesia Siapkan MPV Sejuta Umat

Kompas.com - 16/09/2014, 17:28 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Mitsubishi Motor Corporation (MMC) sudah mengumumkan rencana pembangunan pabrik yang akan mulai beroperasi pada 2017. Pabrik baru tersebut akan memproduksi model terbaru, MPV sejuta umat.

Seperti disampaikan langsung oleh Osamu Masuko, Chairman and CEO of MMC, pabrik baru Mitsubishi ini menelan investasi sebesar 600 juta dollar AS atau setara dengan Rp 7,18 triliun. Selanjutnya, akan ada tiga model yang diproduksi di pabrik baru tersebut.

"Kami akan memproduksi small MPV, lalu L300 dan juga T120SS. Tiga model tersebut yang akan menjadi andalan kami untuk meningkatkan penjualan di Indonesia," ujar Masuko kepada wartawan, di kantor pusat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Meski terbilang jauh tertinggal dari produsen lain dalam segmen LMPV, Mitsubishi masih optimistis bisa mendapatkan pangsa pasar. Masuko memprediksi, pada 2017, angka penjualan mobil di Indonesia akan mencapai 1,4 juta atau 1,5 juta unit. Dari jumlah total tersebut, MPV memegang pangsa pasar 30 persen atau di angka 400.000 sampai 500.000 unit. "Small MPV Mitsubishi setidaknya bisa mengambil 60.000 unit dari total pasar MPV," kata Masuko.

Ekspor ke tiga negara
Masuko melanjutkan, rencana produksi mobil multiguna kecil di pabrik baru ini mencapai 80.000 unit per tahun, tetapi tidak semuanya akan diserap oleh pasar nasional. MMC juga membidik kesempatan ekspor model terbarunya itu ke tiga negara tetangga.

"Indonesia bisa menyerap 60.000 unit per tahun, sedangkan sisanya, 20.000 unit, akan dieskpor ke Thailand, Filipina, dan Vietnam," tutup pria Jepang yang sempat memimpin Mitsubishi di Indonesia ini pada periode 1997 sampai 2002 lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com