Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru MotoGP Musim 2015

Kompas.com - 15/09/2014, 18:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber motogp.com

Misano, KompasOtomotif – Komisi Grand Prix MotoGP mengumumkan hasil pertemuan mereka terkait dengan regulasi teknis tim-tim yang berlaga musim depan. Tatap muka yang dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan GP San Marino, di Misano, Italia (13/9/2014), itu memutuskan beberapa hal krusial, termasuk penggunaan peranti lunak dan pengurangan bobot sepeda motor.

Paling seru diperbincangkan adalah kewajiban menggunakan peranti lunak yang dikembangkan bersama (unified software). Hingga 30 Juni 2015, semua tim masih boleh menggunakan software-nya sendiri. Setelah tangal itu, pengembangan sudah tak boleh lagi dilakukan, kecuali perbaikan minor yang menyangkut keselamatan.

Mulai 1 Juli 2015, pengembangan harus sudah dialihkan untuk software bersama yang akan mulai digunakan pada musim 2016. Basis software yang akan dikembangkan bersama-sama itu diambil dari peranti lunak yang saat ini dipakai kelas open.

Artinya, di masa-masa itu, pabrikan benar-benar dilarang mengembangkan peranti lunak sendiri, namun mereka semua diundang untuk berpartisipasi pada pengembangan sotfware bersama.

Pengurangan bobot
Dalam pertemuan itu, diputuskan pula soal pengurangan bobot. Sepeda motor 1.000cc di MotoGP tahun depan harus lebih ringan 2 kg, dari 160 kg menjadi 158 kg. Pengurangan itu akan terus dipertimbangkan untuk kemudian diturunkan lagi 2 kg pada musim 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber motogp.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com