Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Resmikan Layanan i-Road buat Solusi Kemacetan

Kompas.com - 14/09/2014, 10:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Grenoble, KompasOtomotif - Semakin besar populasi mobil membuat situasi jalan semakin padat. Padahal, lebih banyak dari mobil itu hanya mengangkut satu orang saja, mengakibatkan kondisi jalan jadi lebih sering tersendat dan merugikan banyak waktu.

Untuk mengurangi kepadatan ini, produsen mobil terbesar di dunia mencoba menawarkan solusi baru, "Toyota i-Road Ha:Mo Service". Layanan berbagi kendaraan, hasil kerja sama Toyota dengan perusahaan lokal Perancis, Cite lib.

Selintas, layanan ini sepertinya mirip dengan program lain yang memang lagi menjamur di negara maju. Tapi perbedaannya cukup signifikan, karena Toyota menawarkan penyewaan untuk kendaraan tiga roda, i-Road.

Progam serupa sudah bergulir di Jepang dan diklaim Toyota cukup berhasil menarik minat konsumen. Dengan alasan ini, kemudian layanan serupa mulai diperkenalkan di Grenoble, Perancis, efektif bergulir mulai Oktober 2014.

Mekanisme
Lantas bagaimana mekanismenya? Cukup sederhana, konsumen cukup mengunduh aplikasi pada ponsel pintar mereka. Melalui aplikasi ini mereka bisa memesan dan membayar tarif sesuai ketentuan. Setelah memesan, konsumen bisa langsung menggunakan i-Road yang beroperasi paling dekat, mengendarainya ke tempat tujuan, dan meninggalkannya di tempat pengisian (charger) baterai.

Kendaraan bermuatan dua orang ini kemudian siap disewa konsumen lain yang berminat. Harga sewa i-Road cukup beragam, mulai dari 3 euro (Rp 47.250) untuk pemakaian 0-15 menit, hingga yang termahal 19 euro (Rp 292.900) untuk pemakaian empat jam perjalanan.

Layanan ini terbuka untuk umum, tetapi hanya bisa dinikmati oleh konsumen dengan usia minimum 18 tahun. Saat ini, terdapat 27 titik pengisian baterai, tersebar di seluruh Grenoble, Fontaine, Gieres, St Martin D'Heres, Seyssinet-Pariset, dan La Tronche. Semua lokasi ini berdekatan dengan stasiun kereta, trem, atau jalur bis umum.

Setiap fasilitas pengisian bisa menampung paling sedikit empat i-Road. Selain i-Road, Toyota juga menyiapkan COMS, kendaraan mobilisasi individu dengan roda empat. Disiapkan bagi konsumen yang tidak nyaman dengan karakter i-Road yang bisa bermanuver di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com