Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Yamaha Menanti "Lampu Hijau"

Kompas.com - 12/09/2014, 13:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Mobil listrik kompak Yamaha rancangan desainer Formula 1 Gordon Murray, bernama Motiv, mulai mendekati kenyataan. Secara garis besar, Yamaha memang belum memberikan lampu hijau, tapi Murray mengindikasikan peluang positif.

Awal pekan ini, Motiv mendebut di Inggris dalam acara Low Carbon Vehicle Show di Millbrook. Pengenalannya menyusul penampilan pertama di Tokyo Motor Show tahun lalu. Motiv direka menyesuaikan standar keamanan Eropa tapi juga didesain untuk menyesuaikan regulasi efisiensi mesin bensin.

“Kami telah melakukan persetujuan di balik layar tentang rentang model serta layout dan prosedur produksi. Semua adalah berita baik, kami berharap ada pengumuman penting pada November atau Desember. Yamaha punya insinyur brilian yang hebat diajak kerja sama,” kata Murray seperti dilansir dari Autocar, Kamis (11/9/2014).

Smart For Two
Motiv punya visual dimensi mirip Smart For Two, hanya saja lebih pendek 2,5 inci dan lebih panjang 2 inci, namun bobotnya lebih ringan sekitar 100 kg. Eksterior dibuat dari plastik khusus, selain mudah dibongkar pasang, material ini juga diklaim mampu menahan benturan lebih baik dibanding baja atau alumunium.

Selain Motiv, Murray juga tengah mengembangkan delapan kendaraan konsep berbeda. Salah satu di antaranya adalah truk ringan “tahan banting” yang disebut Ox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com