Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Luncurkan AMG GT

Kompas.com - 10/09/2014, 17:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Affalterbach, KompasOtomotif - Mercedes-Benz meluncurkan mobil sport terbaru, AMG GT, di Stuttgart, Jerman (9/9/2014). Kupe dua penumpang itu disiapkan untuk menantang Porsche 911.

AMG GT merupakan mobil sport kedua hasil kreasi rumah modifikasi AMG setelah versi pintu Gulwing SLS. "GT merupakan duta kami," tukas bos AMG Tobias Moers, di sela peluncuran. Moers melanjutkan, model terbaru ini akan membantu AMG mempertahankan posisinya sebagai salah satu produsen mobil sport dan merek modifikasi tuning balap.

Model ini dibekali mesin 4.0 liter, V8, bi-turbo, terbagi dalam dua varian (GT S dan GT). Keduanya dibedakan dengan tenaga yang dihasilkan, yakni 510 tk (GT S) atau 462 tk (GT). Untuk varian GT S bisa dikebut 0-100 kpj dalam 3,8 detik, dengan kecepatan maksimum 310 kpj.

Bobot GT AMG diklaim sebagai yang paling ringan di kelasnya. Berat mobil dua pintu ini berkurang berkat bahan aluminium yang digunakan, hingga bisa ditekan hingga 1.540 kg. Sementara varian GT diklaim punya konsumsi bahan bakar 9,3 liter per 100 km atau 10,7 kpl. Emisi gas buangnya diakui 216 gram karbondioksida per km.

Carscoop Desain futuristik kental pada ruang kemudi Mercedes-Benz AMG GT.

Rival
Supaya bisa bersaing dengan Porsche 911, lanjut Moers, AMG mendesain mobil ini untuk tetap kompetitif di lintasan balap. Setelah tes internal, AMG GT mencatatkan waktu 7 menit, 36 detik untuk lap tercepat di Nurburging.

"GT ini merupakan kendaraan khas Mercedes yang paling penting. Mobil ini mencerminkan kekuatan merek, yang kini lebih bernuansa balap dan dinamis," beber Juergen Pieper, analis dari Bankhaus Metzler di Frankfurt, Jerman.

Mercedes-Benz mulai memasarkan AMG GT di Eropa, mulai Maret, disusul Amerika Serikat, April mendatang. Konsumen di China harus menunggu lebih sabar lagi, setidaknya sampai dua atau tiga bulan selanjutnya. Di Jerman tipe GT dibanderol 115.430 euro (Rp 1,76 miliar) sedangkan GT S 134.350 euro (Rp 2,05 miliar).

Carscoop Bisa dikebut 0-100 hanya dalam 3,8 detik.

 

Carscoop Tersedia dalam dua varian, dibedakan dari tenaga yang dihasilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com