Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Transformers Reinkarnasi Ford Fiesta 1988

Kompas.com - 09/09/2014, 12:59 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

London, KompasOtomotif - Hampir semua penggemar mobil dan robot pasti kenal Transformers. Jauh sebelum dituangkan di layar lebar, kisah robotik itu sudah eksis sejak 1984 lewat buku, komik, serial animasi, film dan video game, yang tetap menghadirkan pertarungan antara Autobots melawan Decepticons.

Kali ini, penggemar Transformers asal Inggris keturunan India, menuangkan ide kreatifnya dengan merancang robot dari satu unit Ford Fiesta lansiran 1988. Dia adalah Hetain Patel yang merancang robot humanoid ini dari hatchback asal Amerika Serikat tersebut.

Autoevolution Proses pengerjaan Fiesta jadi robot Transformers
Kisahnya berawal dari Fiesta 1988 yang dibiarkan berkarat di dalam gudang rumahnya. Tak ingin mobil dengan kelir merah marun ini menjadi rongsokan, Hetain melakukan modifikasi untuk menjadi robot car.

Dengan bantuan dari ayah dan kakaknya, Hetain Patel mulai memotong bodi, mengelas dan menyambungkannya sedemikian rupa, untuk menyerupai robot dari planet Cybertron. Butuh waktu pengerjaan selama tiga bulan sampai bisa bediri layaknya Autobot.

Autoevolution Fiesta disulap jadi robot Transformers
Hetain menjelaskan, karyanya ini didedikasikan untuk kalangan kelas bawah India dan keluarganya sendiri, yang berimigrasi dari India ke Inggris, tanpa modal yang besar. Kini, Hetain bisa mendapat kehidupan yang cukup nyaman di Inggris.

Rencananya, Autobot Fiesta ini akan dipamerkan pada ajang pameran seni Galleria Continua di Boissy-le-Chantel, Perancis, 22 Desember mendatang. Belum diketahui apakah Hetain akan mempertahankan warna merah kusam tersebut, atau memberikan kelir baru agar makin mirip dengan Transformers.

Autoevolution Hetain Patel berpose dengan robot Transformers rancangannya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com