Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengar Raungan Mesin Kawasaki H2 ”Supercharger”

Kompas.com - 04/09/2014, 12:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah mengumumkan bakal hadirnya sepeda motor baru di klan Ninja dan disebut H2, lengkap dengan video teaser seri pertama, Kawasaki kembali bikin penasaran. Video lanjutan muncul tapi tanpa gambar, hanya tulisan dan suara mesin yang meraung menunjukkan sepeda motor sedang melesat kencang (sound clip).

Yang menarik dari suara itu, terdengar suara mesin pada putaran tinggi digeber dengan memindah gigi berkali-kali. Nah, saat memindahkan gigi, terdengar suara misterius yang mendecit. Ciri khas suara mesin empat silinder sudah bisa dikenali.

Kawasaki menegaskan dengan tulisan ”howling and chirping” yang kurang lebih artinya ”lolongan” dan ”kicauan”. ”Lolongan” mewakili suara raungan, sementara ”kicauan” menunjukkan suara misterius saat memindah gigi.

Spekulasi pun muncul. Jika memang sepeda motor ini menggunakan mesin supercharged yang selama ini diisukan, seharusnya suara saat memindahkan gigi akan seperti ledakan yang berdesis.

Dugaan lain, suara berdecit menandakan kontrol traksi dan dinamometer sepeda motor sedang berfungsi, atau bisa dikatakan torsinya bakal superbesar. Bisa juga, suara tersebut paduan dari fungsi supercharged dan kontrol traksi.

Belum diketahui detail kapasitas silinder yang akan digunakan. Bisa jadi H2 menggunakan tipe 750cc supercharged, namun sudah bisa menghancurkan kemampuan mesin 1.000cc biasa. Potensinya, sepeda motor ini lebih kecil dan ringan.

Video selanjutnya akan keluar, Jumat (5/9/2014). Penasaran dengan suaranya? Simak video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com