Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mobil Dinas Presiden

Soal Mobil Kepresidenan Jokowi, Toyota Tunggu "Request" Pemerintah

Kompas.com - 02/09/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif - Kegemaran Presiden RI terpilih Joko Widodo menggunakan Toyota Kijang Innova, memunculkan wacana kalau Innova bisa jadi mobil dinas kepresidenan. Hanya saja, banyak faktor yang harus dipikirkan terutama segi keamanan kendaraan untuk melindungi keselamatan presiden.

Semasa menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) memang memilih Innova sebagai kendaraan andalan harian. MPV ini dianggap nyaman untuk menunjang aktivitas blusukan yang kerap dilakukan Jokowi.

Jokowi mengaku masih mencoba jenis mobil yang cocok untuk blusukan saat nanti telah berstatus sebagai presiden. Kijang Innova yang selama ini akrab dengan Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI, ternyata masuk dalam pertimbangan Jokowi.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin menyatakan, Toyota hanya menunggu permintaan dari pemerintah, bila memang menginginkan Innova dijadikan sebagai salah satu mobil dinas presiden.

"Intinya sekarang kami menunggu permintaan dari pemerintah. Saya belum tahu bagaimana, karena memang tidak ada permintaan, kalau memang diminta pasti kita akan carikan, karena pemerintah yang lebih tahu spesifikasinya seperti apa," ujar Suparno saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (1/9/2014).

Abong (sapaan Suparno) menambahkan, sebagai mobil presiden tentunya kemampuan dan keamanan mobil harus ditambah. Semua itu akan disesuaikan dengan ketentuan standar safety yang bisa melindungi presiden.

"Kalau memang bisa kita ubah sendiri, pasti kami akan lakukan di dalam. Tapi kalau tidak bisa, kita akan carikan spesifikasi yang cocok dari luar. Sebagai mobil presiden tentunya ada hierarki dan ketentuannya," lanjut Abong.

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa bisa saja Innova menjadi mobil dinas presiden, dengan sederet ubahan yang dilakukan. Seperti bodi harus di-reinforce ulang agar seluruh bodi dan rangkanya mampu menopang komponen-komponen pelindung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com