Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Siapkan Pesaing Toyota Innova

Kompas.com - 31/08/2014, 12:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Isuzu kembali melirik segmen kendaraan multi-guna (MPV), dan sedang menyiapkan pesaing dari Toyota Innova. Pabrikan yang punya ciri khas mesin diesel ini menunjuk India sebagai basis produksi MPV terbaru tersebut.

Isuzu sudah mengumumkan investasi sebesar 30 miliar rupee (Rp 5,79 triliun) di India, untuk membangun pabrik perakitan yang berlokasi di Sri City, Andhra Pradesh. Saat ini, Isuzu memiliki SUV MU-7 dan pikap D-Max, yang keduanya diproduksi di fasilitas perakitan Hindustan Motors Chennai.

Bila pabrik di Sri City sudah berdiri, Isuzu Motors India (IMD) akan memindahkan dua model tersebut, termasuk mulai merakit MPV terbarunya. Presiden IMD Takashi Kikuchi mengatakan, pihaknya mulai menggunakan konten lokal sampai 80 persen untuk model terbaru nanti.

MPV anyar dengan kode produksi RU30 tersebut akan mulai diluncurkan pada 2016 mendatang. Di India, kendaraan multi-guna ini akan dihadapkan langsung dengan Innova, dan Isuzu membidik penjualan mencapai angka 40.000 unit per tahun.

Selain dijual di pasar lokal India, MPV itu juga akan dikirim ke negara Asia lainnya, terutama yang juga dihuni oleh Innova. Indonesia masuk dalam daftar, sebagai negara dengan angka penjualan MPV terbesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com