Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Berkibar di Belitung

Kompas.com - 31/08/2014, 11:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Belitung, KompasOtomotif – Hampir sebagian besar sepeda motor yang beredar di Kepulauan Belitung berlambang Yamaha. Hal ini diungkapkan, Kepala Cabang dealer utama Yamaha di Belitung CV Sumber Jadi Tanjung Pandan, Chandra Sudiyanto.

Menurut Chandra, sejak 2006 Yamaha terus memimpin pasar roda dua. Sepanjang Januari hingga Juli 2014, ada 4.537 unit sepeda motor yang dibeli masyarakat pulau penghasil timah ini. Dari total 11 dealer Yamaha yang ada di Kepulauan Belitung, CV Sumber Jadi Tanjung Pandan merupakan penyumbang terbesar.

“Angka itu juga terjadi peningkatan dibanding periode yang sama di tahun lalu," jelas Chandra, Jumat (29/8/2014).

Skutik
Sama seperti tren nasional, model terlaris adalah skutik. GT 125 menjadi model yang paling banyak diminati dengan total penjualan mencapai 808 unit, atau mewakili 17,86 persen dari hasil Januari-Juli 2014. Posisi kedua direngkuh bebek sport Jupiter MX, 718 unit unit atau 15,83 persen. Setelah itu Mio GT sebanyak 557 unit atau 12,28 persen.

"Untuk pangsa pasar di Belitung, rata-rata di Januari sampai Juli tahun ini adalah 65,36 persen, kompetitor hanya 27 persen," jelas Chandra.

September mendatang, distribusi R15 dan R25 mulai masuk ke Kepulauan Belitung. Dua model ini diprediksi juga bakal diminati, pasalnya aspal mulus jalan-jalan di pulau menunjang buat meladeni karakter sepeda motor sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com