Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan Skuter Listrik Roda Tiga

Kompas.com - 31/08/2014, 10:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – Yamaha punya kejutan lain. Terkuak data bahwa produsen Jepang itu sedang mematenkan produk baru di lembaga pematenan produk di AS dan Eropa. Sepeda motor yang dimaksud adalah skuter roda tiga dengan tenaga listrik.

Berbeda dengan Tricity atau sepeda motor roda tiga lain, nantinya model ini mempunyai dua roda di belakang. Masing-masing roda terhubung dan digerakkan motor listrik, mirip sistem yang digunakan Tricity atau juga Piaggio MP3.

Dari gambar pematenan yang bocor di internet, diilustrasikan sepeda motor mirip Yamaha EC-03, skuter penggerak listrik yang saat ini dipasarkan di Eropa. Hampir semua bagian identik, termasuk bagian depan, rangka, hingga tempat duduk. Penempatan baterai juga sama, di bawah jok.

motorcycle Ilustrasi pematenan yang menunjukkan kemiripan tampang dengan Yamaha EC-03 yang dipasarkan di Eropa.

Dijelaskan dalam dokumen, meski mirip dengan Tricity, namun mekanisme gerakan roda belakang akan berbeda. Diklaim bahwa akan ada sistem baru yang lebih efisien dan lincah untuk mendukung perbedaan pengendalian antara dua roda depan dan dua roda di belakang.

Sebelumnya, Yamaha sudah pernah membocorkan bahwa akan ada sepeda motor roda tiga baru. Namun saat itu asumsinya adalah varian baru dari Tricity. Ada benarnya juga, karena beberapa waktu lalu juga terkuak bakal muncul teman Tricity yang lebih bongsor.

Namun dari dokumen baru ini, jelas sudah bahwa pemilik logo garpu tala itu masih punya senjata baru di segmen kendaraan roda tiga dengan teknologi penggerak yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com