Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keajaiban Mesin V6 Turbo di GP Belgia

Kompas.com - 30/08/2014, 11:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Stavelot, KompasOtomotif - GP Belgia Formula 1 yang digelar di Spa Francorchamps sudah berlalu, dengan kemenangan yang diraih pebalap Red-Bull Renault Daniel Ricciardo. Tapi, ada yang menarik dari seluruh hasil balapan di Belgia tersebut, yaitu performa mesin baru.

Untuk pertama kalinya era baru dari mesin V6 turbo mobil F1 terbukti lebih cepat dibandingkan mesin V8 yang dipakai pada musim 2013. Padahal, sampai pertengahan musim ini, mesin V6 turbo plus ubahan desain mobil dengan downforce lebih rendah, dianggap beberapa detik lebih lambat.

Tapi di Spa-Francorchamps, pebalap Mercedes Nico Rosberg mampu mencatat waktu tercepat dalam satu putaran dengan capaian 1:50.511. Angka tersebut dua per sepuluh lebih cepat dari capaian Sebastian Vettel di musim lalu.

Analisis oleh majalah Auto Motor und Sport menunjukkan bahwa ada dua faktor yang membuat Rosberg mampu melesat di Spa. Pertama, aerodinamis memainkan perannya, ditambah lagi dengan adanya turbo. Ini membuat rata-rata kecepatan naik 20 kpj lebih cepat daripada mesin V8 saat berada di trek lurus dan panjang.

Selanjutnya ada keuntungan saat menikung yang lebih baik. Kompon ban Pirelli dengan senyawa medium lunak, membuat pebalap bisa mendapatkan grip yang lebih maksimal, tanpa harus mengurangi banyak kecepatan.

Dua hal ini yang menjadi alasan mengapa Rosberg mampu mengungguli capaian Vettel. Hanya saja, balapan sempat diwarnai insiden internal yang melibatkan Rosberg dengan rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com