Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggangan Pengawal Jokowi Didatangkan Langsung dari Jepang

Kompas.com - 30/08/2014, 10:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Belitung, KompasOtomotif — Sepeda motor sport tunggangan pengawal presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), Yamaha FZ1, diimpor langsung dari Jepang oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Eko Prabowo, GM Komunikasi Pemasaran dan Pengembangan Komunitas YIMM, mengatakan, impor memang ditujukan buat Paspampres. "Speknya tertinggi, paling kenceng. Namun, saya ga bisa bilang berapa unit karena itu urusan kerahasiaan negara," katanya di Belitung, Jumat (29/8/2014).

Warta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang dipakai Paspampres
Warta Kota/Henry Lopulalan Yamaha FZ1 yang digunakan Paspampres

Eko tidak menyebutkan ada permintaan spesifikasi khusus buat tunggangan baru Paspampres. Namun, dengan beban tugas mengawal orang yang kelak menjadi nomor satu di Indonesia, berbagai aspek kemungkinan besar sudah disesuaikan.

"Sebenarnya motor ini selalu menjadi pilihan dari zaman SBY. Jujur saya ga tahu kenapa dipilih, tetapi saya rasa negara sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan banyak model. Pilihannya FZ1 Fazer. Kalau menurut saya, motor itu dipilih karena tenaganya besar, tetapi lincah," papar Eko.

Sepeda motor Yamaha dekat dengan Presiden Indonesia. Eko menambahkan, salah satu model yang pernah digunakan Paspampres adalah tipe touring FJ yang diproduksi 1984-1996.

Yamaha Motorsports Yamaha FZ8 (2013) telah berhenti diproduksi. Perannya diteruskan FZ-09.

FZ1 atau FZ08?
Bila diperhatikan dari berbagai foto yang beredar, dua sepeda motor yang ikut dalam rombongan pengawalan Jokowi pada Rabu (27/8/2014) terlihat lebih mirip moge FZ8 dibanding FZ1.

Yamaha Motorsports Yamaha FZ1 (2013).

Keduanya merupakan naked bike dengan basis yang sama. Perbedaannya tegas terlihat dari desain kepala. Namun, pembeda yang paling signifikan, FZ8 menggunakan mesin 4-silinder 779 cc, sedangkan FZ1 memakai mesin 4-silinder 998 cc. FZ8 tak lagi diproduksi. Perannya digantikan oleh FZ-09 bermesin 3-silinder 847 cc yang sudah diluncurkan pada akhir 2013 lalu.

Perbedaan detail bisa disimak di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com