Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Totalitas Naikkan Performa Avanza

Kompas.com - 29/08/2014, 15:54 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mempunyai mobil ”sejuta umat” seperti Toyota Avanza harus punya ciri khas agar tak sama dengan lainnya. Ketika banyak modifikator lain memilih permak tampang, Antonius Dwi Nurhayanto justru sebaliknya, fokus menaikkan level performa di atas rata-rata.

Kendati demikian, bukan berarti penampilan dibiarkan terlantar. Anton, sapaan karibnya, sudah memberikan beberapa sentuhan eksterior yang mengarah ke nuansa elegan, termasuk pemakaian pelek stylish, penggunaan aksesori lampu depan, dan stiker pada bodi .

”Mesin Avanza sudah terbukti sangat bandel dan punya tenaga yang lebih dari cukup. Tapi saya hobi mengutak-atik dan ingin membedakan dengan Avanza lainnya di sektor selain eksterior, meski bukan buat kebut-kebutan apalagi balapan,” kata Anton.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Ubahan ringan pada mesin agar performa meningkat

Untuk mendapatkan performa di atas rata-rata, bagian mobil di balik kap ini mendapat sentuhan khusus. Personalisasi pacu hanya sebatas penambahan aksesori aftermarket untuk menambah ”nafas” agar semakin mantap. Kendati demikian, penambahan tersebut tidak tergolong ekstrem.

”Karena performanya naik, saya memasang strut bar. Penginnya, saat menikung sokbreker depan jadi lebih rigid. Itu masih ditambah dengan stabilizer dan peranti suspensi performa lainnya. Semua pengerjaan sektor mesin dilakukan di bengkel BLX Performance, Setu, Cilangkap,” jelas Anton.

Rupanya tampang minimalis didukung performa yang lebih baik cukup menjadi tren di kalangan modifikator. Lebih mantap, tapi tetap irit. Penghobi futsal itu mengaku dengan ubahan yang cukup rumit di sektor mesin tak membuat Avanza jadi boros, bisa tembus 14 kpl. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com