Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sudah Tes Mobil Gas

Kompas.com - 28/08/2014, 09:00 WIB
Bali, KompasOtomotif - Wacana mengenai konversi BBM ke gas yang diajukan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), disambut positif oleh Honda Prospect Motor (HPM). Bahkan sudah ada model varian CNG yang saat ini telah selesai menjalani rangkaian tes di Tanah Air, seperti telah diulas sebelumnya.

"City CNG sudah selesai menjalani tes dan semua berjalan lancar. Jadi kalau program tersebut jadi, kita sudah punya model untuk itu. Paling penting adalah infrastruktur berupa SPBG yang memadai. Jadi konsumen juga merasa tenang," kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, di sela test drive All New Jazz di Bali (27/8/2014).

Model yang diuji menggunakan versi lama (2013). Menggendong mesin konvensional yang mengusung tipe 4 silinder berkapasitas 1,5 liter dengan tenaga 118 tk serta torsi 146 Nm. Di India konsumsi bahan bakar varian ini setara 10,5 kpl untuk perkotaan dan 16.5 kpl di jalan bebas hambatan. Harganya 914.000 rupee atau sekitar Rp 163,9 juta.

Jika boleh memilih antara CNG atau LNG, Jonfis lebih condong ke LNG. "Pertimbangannya adalah soal ruang. Alat pendukung LNG tidak terlalu makan tempat seperti CNG. Kita pun sudah memiliki teknologi untuk itu," lanjut Jonfis.

Tapi itu semua tergantung kebijakan pemerintah soal peraturan konversi BBM ke gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com