Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Minta Karyawan Naik Sepeda

Kompas.com - 27/08/2014, 20:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Warren, KompasOtomotif – General Motors (GM) mengenalkan program bike sharing atau pinjam-meminjam sepeda di Warren Technical Center, Warren, Michigan, Amerika Serikat. Sebanyak 19.000 lebih karyawan yang sedang digembleng di kampus teknik, disarankan untuk bersepeda demi kebugaran dan mengurangi polusi udara.

Selama ini para karyawan harus mengendarai mobil, berjalan kaki, atau naik kendaraan pengantar (shuttle) dari gedung satu ke gedung lainnya. Kampus dengan luas 133 hektar itu punya 61 bangunan berbeda dan jalan dengan total panjang 17 km.

Untuk proyek ini, GM bekerjasama dengan Zagster Inc. yang menyediakan untuk sementara 50 unit sepeda. ”Proyek ini akan terus dikembangkan di tujuh titik kampus. Enam spot masih dalam pengembangan. Ambisi kami membuat semua orang di kampus ini bersepeda,” kata Sharon Basel, juru bicara GM seperti dikutip Automotive News, (26/8/2014).

Untuk ikut dalam program ini, karyawan cukup mendaftar secara online via sms atau aplikasi khusus untuk mendapatkan kunci sepeda. Syaratnya, pengguna harus memakai helm dan membunyikan bel untuk memperingatkan pejalan kaki.

GM mungkin bukan yang pertama menerapkan kebijakan serupa untuk komplek besar. Namun langkah ini dinilai penting, seiring dengan misi perusahaan yang menghadirkan mobil-mobil ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com