Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Harley-Davidson Freewheeler

Ini Model Roda Tiga Terbaru Milik Harley-Davidson

Kompas.com - 27/08/2014, 20:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Milwaukee, KompasOtomotif – Harley-Davidson menunjukkan model roda tiga kedua dalam deretan line-up yang pernah diproduksi. Setelah Tri Glide Ultra Classic, varian baru yang dikenalkan ini bernama Freewheeler. Kemunculannya sudah bisa ditebak sebelumnya setelah terkuak isi dokumen California Air Resources Board (lembaga pengetesan emisi) dan beberapa spyshoot.

Meski sama beroda tiga, keduanya beda fungsi. Tri Glide lebih didesain untuk kebutuhan touring, sementara Freewheeler adalah model cruiser untuk penggunaan sesekali dengan jarak tak terlalu jauh sebagai penunjang gaya hidup.

Posisi setang model ape hanger, lebih tinggi tapi dekat dengan pengendara.

Ciri khas
Untuk mendukung fungsi itu, ada beberapa ciri khas, yakni setang model ape hanger yang lebih menjulang serta sepatbor model bobtail.

Lampu dual-halogen terpasang rapat dengan suspensi depan teleskopik 49mm dan rangka. Di bawahnya, ada sepatbor simpel yang menutupi roda depan dengan pelek aluminium 19 inci. Setang yang lebih mendekat ke pengendara membuatnya lebih nyaman dikendarai.

Pada bagian belakang, model ini punya dua ban dengan pelek aluminium 15 inci. Dua ban ini menyangga tempat penyimpanan dengan posisi yang rendah serta anti-air. Ruang kargo ini bisa diisi dua helm full-face. Jok didesain nyaman untuk dua penumpang.

motorcycle Harley-Davidson Freewheeler.

Performa
Sepeda motor ini ditenagai mesin 1.690cc Twin Cam 103 berpendingin udara. Berbeda dengan Tri Glide yang pakai tipe mesin berpendingin ganda. Bobotnya lebih ringan, membuat mesin tidak bekerja seberat Tri Glide.

Sistem rem pada kaki terhubung antara bagian depan dan belakang (semacam teknologi combi brake). Sementara tuas rem depan sama dengan sepeda motor lainnya, hanya untuk mengontrol roda depan.

Fitur lain, sudah mempunyai cruise control yang dikendalikan secara elektronik, rem parkir, gigi mundur, dan teknologi pemindahan gigi yang ringan.

Ada dua tipe yang ditawarkan, warna Vivid Black dijual dengan harga 24.999 dollar AS (Rp 293 juta). Sedangkan warna solid sesuai selera dilepas dengan berbanderol 25.499 dollar AS atau setara dengan Rp 299 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com