Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lotus Besut SUV dan Sedan Anyar

Kompas.com - 25/08/2014, 10:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Lotus tengah menyiapkan dua model baru, di segmen SUV dan sedan untuk ikut bersaing di pasar otomotif global. Merek Inggris yang saat ini dimiliki Malaysia itu menciptakan kedua model dengan desain yang benar-benar baru.

Portal berita lokal, Utusan Malaysia, dilansir Paultan (20/8/2014) menyatakan, informasi itu disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer Lotus Jean-Marc Gales, dalam satu rapat pimpinan. Dalam rapat itu, juga dihadiri Komisaris Utama Proton Mahathir Mohamad, CEO Proton Datuk Abdul Harith Abdullah, dan COO Lotus Aslam Farikullah.

Rencana ini merupakan salah satu aksi yang disiapkan untuk Lotus di masa depan. Gales, yang sebelumnya memimpin PSA Peugeot-CItroen mulai mengambil kendali Lotus sejak 1 Mei 2014. Ia juga sempat menduduki jabatan tinggi di Daimler, General Motors, dan Volkswagen.

Sebelum banyak spekulasi bermunculan, dipastikan kalau kedua model baru Lotus itu benar-benar disiapkan dari nol. Bukan diproduksi dari konsep (SUV) Lotus APX yang pernah ditunjukan di Geneva Motor Show, 2006 silam. Sedangkan untuk sedan, Gales mengatakan, Lotus sudah punya pengalaman baik menciptakan kendaraan sejenis.

Model seperti Lotus Carlton atau Omega (1990) yang pernah diciptakan, menggandeng mitra dengan Opel atau Vauxhall. Belum ada informasi lanjutan mengenai rencana ini, apakah sedan yang disiapkan juga akan menggandeng prinsipal otomotif lain,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com