Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Pelajari Teknologi Kontrol Gestur

Kompas.com - 23/08/2014, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Jika mengikuti perkembangan teknologi ponsel, kontrol dengan gestur tubuh sudah banyak ditemui, khususnya pada tipe middle-up. Cukup dengan menggerakkan tangan, ponsel bisa diperintah apa saja, mulai membaca sms, menggeser foto, dan sebagainya.

Teknologi inilah yang saat ini dikembangkan Mercedes-Benz untuk diterapkan pada mobil-mobil masa depan. Bidikan pertama akan disematkan untuk S-Class 2018. Sedan kelas atas ini memang biasa menjadi ”percontohan” inovasi teknologi yang dilakukan produsen asal Jerman tersebut.

Dalam wawancara khusus dengan AutoExpress dan dilansir Leftlanenews (22/8/2014), Chief Interior Designer Mercedes-Benz Jan Kaul menegaskan, kontrol gestur itu akan menjadi teknologi inti pada interior baru S-Class lansiran 2018 mendatang.

Dikatakan, kontrol suara juga akan menjadi bagian dari teknologi baru. Namun yang menjadi andalan tetap tangan penumpang. Cukup menggerakkan tangan dengan berbagai gerakan berbeda untuk mengaktifkan fungsi hiburan seperti menyalakan radio, atau mengubah suhu kabin.

”Ya, kami sedang mengembangkan (kontrol gestur) untuk beberapa fungsi. Tentu, menggunakan tangan bukan segalanya. Misal, saat mencantumkan destinasi pada alat navigasi, akan lebih mudah dengan kontrol suara ketimbang tangan. Tapi ini masih kami teliti dan Anda akan melihatnya segera,” beber Jan Kaul.

Ditambahkan, komponen unggulan lain untuk S-Class 2018 adalah 3D printing. Misalnya untuk penutup speaker. Menggunakan komponen ini tak hanya mempercepat proses produksi, tetapi juga menghasilkan komponen yang lebih kuat dan ringan.

Kita nantikan S-Class 2018 yang kemungkinan bakal muncul pada salah satu auto show 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com