Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Google Dipaksa Punya Kemudi dan Pedal

Kompas.com - 23/08/2014, 11:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Hasil pengujian Department of Motor Vehicles Caifornia memaksa Google memasang kemudi dan pedal pada mobil otonomos mereka. Fungsinya agar manusia bisa langsung memberikan kontrol fisik bila dibutuhkan, bahkan ketika sistem elektrik rusak.

Dengan begitu Google harus merevisi desain mobil modern mereka sebelum bisa digunakan masyarakat luas.

Inovasi Google membuka babak baru teknologi otonomos. Sebelumnya mobil bisa bergerak sendiri tanpa bantuan manusia karena peralatan tambahan. Namun perusahaan mesin pencari di internet itu menciptakan prototipe unik mobil otonomos tanpa kemudi dan pedal. Sekitar 100 unit sedang diuji di jalan-jalan, tapi dengan mandat baru yang berlaku pada 16 September, mobil-mobil itu tak lagi legal di jalan.

Google menjelaskan desain yang digunakan memaksimalkan ruang penumpang, sebab dimensi bodi kompak. Wall Street Journal menjelaskan, Google mengikuti peraturan baru dan telah menginstal kemudi serta sistem pedal meski sifatnya masih "sementara".

“Dengan tambahan ini, pengemudi kami bisa mengetes fitur otonomos, sementara itu masih memiliki kemampuan untuk mengontrol mobil bila diperlukan,” kata juru bicara Google Courtney Hohne, seperti diberitakanTelegraph, Jumat (22/8/2014).

Kini 100 unit mobil otonomos Google dengan kecepatan yang dibatasi hanya 40 kpj akan dilengkapi kemudi dan pedal “sementara”. Pengujian berlanjut ke jalan khusus bulan depan, kemudian mulai masuk ke jalan umum dua tahun dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com