Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Bawa SUV X5 “Antipeluru” ke Rusia

Kompas.com - 23/08/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif — Orang istimewa tentu butuh kendaraan spesial. Menyadari kebutuhan konsumen yang ingin lebih dari sekadar kendaraan, BMW memperkenalkan salah satu mobil antipeluru terbaru X5 Security Plus. Rencananya mobil ini akan ditampilkan di motor show Moskwa, Rusia, pekan depan.

Autocar, Jumat (22/8/2014) menjelaskan, basisnya memakai varian xDrive50i, tetapi berbagai sektor penting telah diperkuat, terutama di bagian bodi—termasuk kaca, berperan sebagai tameng. Sebagai syarat keamanan, SUV menengah BMW ini memenuhi standar perlindungan VR6. Artinya, bodi bisa tahan berbagai tembakan senjata, termasuk AK47.

Kabin hampir sama seperti model standar, tetapi ada beberapa perubahan, salah satunya saklar dan tombol tersentralisasi di konsol tengah.

Tambahan perlindungan menambah bobot keseluruhan, tidak disebutkan berapa totalnya. Namun, yang pasti di atas 2,25 ton versi standar. Agar mobil tetap bisa bergerak lincah, tentu butuh mesin bertenaga besar, pilihannya V8, 4.4L, yang sanggup menyemburkan tenaga 450 tk dan torsi 650 Nm.

BMW mengklaim suspensi juga telah dimodifikasi. Kemampuan berakselerasi 0-100 kpj di bawah 4,9 detik. X5 Security Plus diproduksi di pabrik BMW di Meksiko bersama model lain yang juga punya emblem “antipeluru”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com