Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kertas Koran Bisa Jadi Pengganti Bensin

Kompas.com - 22/08/2014, 19:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Orleans, KompasOtomotif — Meski banyak orang masa kini lebih suka membaca berita online, tetapi koran tetap diminati jutaan orang di dunia. Tak perlu khawatir sampah kertasnya karena bekas koran biasa didaur ulang. Paling baru, Tulane University, New Orleans, Lousiana, AS, menemukan cara untuk mengubah kertas koran bekas menjadi biofuel.

Dipimpin oleh DR Harshad Velankar, tim menemukan bakteri dari koran lama—disebut TU-103—yang bisa mengubah kertas koran menjadi butanol untuk menggerakkan mesin, termasuk mobil. Bakteri ini pertama kali ditemukan pada kotoran binatang yang secara organik berubah menjadi butanol dengan cara khusus.

Dengan bantuan oksigen, bakteri tersebut bersatu dengan material selulosa organik pada kertas, lalu menjadi bahan bakar. Dengan mengubah material selulosa organik menjadi bio-butanol, ilmuwan di universitas tersebut memprediksi, pada masa depan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil akan berkurang.

Keuntungan lain, bio-butanol bisa langsung terbakar habis, yang artinya jauh mengurangi emisi. Mengonversi koran menjadi bio-butanol juga secara drastis akan mengurangi sampai jutaan ton koran. Artinya, sangat sanggup mencukupi kebutuhan bahan bakar penduduk dunia.

Terlebih, bio-butanol bisa digunakan pada mobil tanpa harus melakukan adaptasi karena bisa terbakar mirip dengan pembakaran bensin. Inilah bahan bakar alternatif yang hampir mendekati bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com